5 Rekomendasi Lagu dari Mixtape Rapper-Idola K-Pop

pada 6 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Salah satu cara yang digunakan oleh pararapperdariboybandK-Pop untuk mengekspresikan musik mereka adalah dengan merilismixtape. Melaluimixtape, mereka bisa merilis musik yang sepenuhnya berbeda dengan lagu-lagu yang biasa dibawakan bersama tim mereka.

Dalamstoryini, kumparanK-Pop merekomendasikan lima lagu darimixtape rapper-idola K-Pop. Masing-masing lagu ini dibuat dengan pesan dan gaya musik yang berbeda-beda.

1. Ravi 'VIXX'- 'Nirvana (ft. Park Ji-min)'

Pada Januari 2018, mantan kontestan acara 'Show Me The Money' sekaligus rapper dariboyband'VIXX', Ravi, merilismixtapekedua yang berjudul 'Nirvana'. Selain itu, ia juga merilis video klip untuk lagu utama album yang juga berjudul 'Nirvana'.

Melalui 'Nirvana', pria yang memiliki nama asli Kim Won-sik ini menunjukkan bagaimana ia bisa membawakan laguhip hopdenganflowyangeasy listening, namun juga mengekspresikan perasaannya dalam bentuk lagu. 

Lagu ini menceritakan mengenai optimisme dan rasa cinta terhadap diri sendiri.

2. Agust D (Suga 'BTS') - The Last

'The Last' merupakan salah satu lagu yang terdapat dalammixtapepertama Suga 'BTS', 'Agust D'. Berbeda dengantitle track mixtapeyang menceritakan mengenai kepercayaan diri, 'The Last' menceritakan mengenai penderitaan.

Lagu dengan sentuhanrockyang dramatis ini berisi cerita mengenai seseorang yang berusaha bertahan hidup di tengah kesuksesan, meskipun merasa tertekan dan memiliki gangguan kesehatan mental.

3. J-Hope 'BTS' - 'Daydream'

Pada awal Maret 2018, J-Hope, salah saturapperBTS, mengeluarkanmixtapeyang berjudul 'Hope World'. 'Daydream' merupakan lagu utama darimixtapetersebut.

Melalui 'Daydream', J-Hope menceritakan mengenai pergumulan batin seorangsuperstaryang tidak memiliki waktu untuk menjadi dirinya sendiri. Kisah ini dibawakannya dengan gaya rap yang santai dan iringan musik yang terdengar funky.

4. RM 'BTS' - 'Awakening'

Pada 2015, RM 'BTS' merilismixtapepertama yang berjudul 'RM'. Ia pun menceritakan mengenai berbagai hal dalammixtape hip hopini, mulai dari kritiknya terhadap dunia hingga perang batin yang dihadapinya.

'Awakening' merupakan salah satu bagian darimixtapeini. Bilatitle track'RM' adalah 'Do You' yang dipenuhi ajakan untuk menjadi percaya diri, 'Awakening' adalah sebuah lagu yang menggambarkan perasaan mendalamleaderBTS tersebut karena harus bertahan sembari mengejar cita-citanya.

5. Zico 'Block B' - 'Battle Royal'

Leadersekaligus salah saturapperBlock B, Zico, pernah merilismixtapeberjudul 'Zico on the Block 1.5'. Berbagai tema dinyanyikannya dalam mixtape berisi tujuh buah lagu. Salah satunya adalah mengenai kerasnya kehidupan idola melalui lagu utama yang berjudul 'Battle Royal'.

Dalam lagu itu, pria kelahiran 1992 ini mengibaratkan kehidupan idola sebagai pertarungan paling hebat. Ia menceritakan penderitaan yang harus dialami seseorang jika ingin menjadi idola yang sukses, termasuk diet ekstra keras, operasi plastik yang harus dilakukan demi memenuhi standar penampilan yang diharapkan, hingga persaingan sengit dengan rekan-rekan sesama calon idola.

Selain lagu-lagu ini, masih ada berbagaimixtapelain yang pernah dirilis oleh para idola. Kalau kamu, apa lagumixtapefavoritmu?