5 Tips Ampuh Atasi HP Lemot Saat Main Game Free Fire

pada 15 hari lalu - by

Uzone.id -Free Fire adalahgamebattle royaleyang seru dan punyagameplayyang menegangkan, makanya tak heran banyak ‘bocil FF’ yang menggandrungi game besutan Garena ini. Tapi sering kejadiannih, lagi asyik main mode Ranked di Free Fire malah terganggu oleh HP yang lag di tengah-tengah permainan. 

Ponsel yang lemot saat mabar tentu bisa merusak pengalaman bermain dan bisa saja tim kalian auto kalah dari musuh. Sebenarnya ada beberapa faktor kenapasmartphonekalian bisa tiba-tibangelagyang bikin game jadi ‘patah-patah’, mulai dari settings grafis yang ketinggian sampai jaringan internet yang mengalami gangguan.

Nah, berikut ini timUzone.idkasih beberapa tips ampuh untuk mengatasi HP yang lag saat bermainFree Fire, biar kalian bisa kembalipush rankdengan lancar jaya.

 

 

Tutup aplikasi gak penting dibackground

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang akan membebani RAM dan langsung bikin performasmartphonejadi lambat. Jadi disarankan, sebelum memulai pertandingan, sebaiknya tutup aplikasi yang tidak diperlukan di Recent Apps.

Di beberapasmartphoneada fitur Game Booster juga, seperti Oppo dan Realme lewat Games atau Game Space, Xiaomi dengan Game Turbo, Vivo dengan Game Mode, Asus lewat Game Genie atau Armoury Crate, sampai Samsung melalui Game Booster Plus.

Kalian bisa mengaktifkan fitur-fitur tadi untuk mengoptimalkan kinerja ponsel saat bermain game favorit. 

 

 

Turunkan kualitas grafis

Grafis ‘rata kanan’ memang bikin mata terpana. Tapi, kalau mengatur grafis terlalu tinggi dari yang bisa ditangani olehsmartphone, ya pasti bakalngelag

Daripada mementingkan kualitas grafis, mending turunkan kualitasnya untuk mendapatkanframe rateyang lebih lancar. Kalian bisa pilih Smooth atau Standard ketimbang mengaktifkan grafis Ultra untuk mengurangi beban kerja CPU dan GPU.

Cek koneksi internet

Kalau kalian merasasmartphoneyang digunakan punya spek tinggi, maka masalahlagsaat main Free Fire disebabkan oleh faktor luar, yakni koneksi internet. Game kompetitif seperti Free Fire membutuhkan internet yang stabil dan kuat agargameplaymulus tanpa kendala.

Jadi, pastikan koneksi WiFi atau data seluler kuat dan stabil. Hindari bermain game saat jaringan lagi lemot, atau banyak perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama. 

 

 

Hindari bermain sambil ngecas

Masih banyak pengguna yang sering bermain game (atau melakukan aktivitas lain) selagismartphonesedang diisi daya baterainya. Padahal, hal tersebut berdampak sangat buruk pada perangkat.

Battery healthponsel bisa saja turun yang menyebabkan mudahdropatau kehabisan daya dengan cepat. Main game sambil ngecas juga bikin ponseloverheat, dan malah bikin performa menurun yang memperparahlag.

Beberapa ponsel memang sudah mendukung fitur seperti Bypass Charging. Fitur ini membuat sumber daya ponsel sepenuhnya berasal dari listrik, bukan baterai. Hal ini membuat gamer tetap dapat bermain sambil ngecas, tanpa khawatir ponsel overheat atau rusak baterainya.

 

 

Gunakan pendingin eksternal

Ada beberapa ponsel yang gampangoverheatjika dipakai dalam kurun waktu yang cukup lama. Makanya, dibutuhkan pendingin eksternal untuk menjaga suhu ponsel tetap stabil, mencegahnyaoverheatyang bisa menurunkan kinerjanya. 

Ada banyak produkcooleryang tersedia di toko online. Cari yang sesuai kebutuhan kalian, dan pastikan aksesori gaming ini tak menggangguexperiencekalian saat bermain game.

Itu dia beberapa tips yang ampuh mengatasi HP lag saat main game Free Fire. Semoga bermanfaat,Uzoners!