5 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama Puasa

pada 7 tahun lalu - by

Saat puasa, penting untuk menjaga kesehatan sustem pencernaan. Pasalnya, pencernaan yang bermasalah akan menghambat aktivitas puasa, yang mana juga akan memengaruhi aktivitas selama bulan Ramadan.

Lalu, adakah cara atau tips untuk mewujudkan pencernaan sehat saat puasa? Pastinya ada, simak beberapa cara sehat di bawah ini.

Tips agar pencernaan sehat saat puasa

1. Makan makanan berserat saat sahur dan berbuka

Menurut Maria Adams, MS, MPH, RD, seorang ahli diet dari Marblehead di Amerika Serikat, cara untuk menjaga pencernaan sehat saat puasa adalah dengan makan makanan yang mengandung serat. Mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti biji-bijian, sayuran, kacang polong, dan buah-buahan dapatmemelihara pencernaantubuh agar tetap sehat.

Adams juga menambahkan, bahwa makanan yang kaya akan kandungan serat juga dapat membantu Anda mencegah atau mengobati berbagai kondisi pencernaan, sepertisembelit,wasir, dan radang usus besar. Selain itu, banyak makan makanan berserat ketika puasa bisa membantu mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal.

2. Batasi makan makanan berlemak

Salah satu cara untuk menjaga pencernaan sehat saat puasa adalah dengan membatasi asupan makanan berlemak saat sahur dan berbuka. Secara umum,makanan berlemakcenderung memperlambat proses pencernaan makanan, serta membuat Anda lebih rentan mengalami sembelit.

Sebetulnya, makanan berlemak juga penting untuk tubuh menyimpan cadangan energi, tapi lebih baik imbangi dengan makanan tinggi serat yang bisa mempermudah proses mencerna lemak dan makanan lainnya

3. Minum air cukup, sebanyak 8 gelas sehari

Untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan terhindar dari masalah, Anda hanya perlu minum air cukup sebanyak 2 liter perharinya, Sama halnya apabila tubuh kurang makan makanan berserat, kalau minum air dalam jumlah sedikit bisa memperlambat sistem pencernaan Anda. Salah satu contohnya adalah sulit atau keras saat buang air besar.

Berhubung saat puasa Anda harus minum air dalam waktu yang terbatas, Anda bisa menghidrasi tubuh dengan minum 2 gelas air saat sahur, 4 gelas air setelah ibadah tarawih, dan terakhir 2 gelas sebelum atau sesudah sahur. Dengan cara seperti itu, Anda akan tetap terhidrasi dan terhindar dari masalah pencernaan.

4. Makan makanan probiotik

Makanan atauminuman probiotikseperti yoghurt atau kimchi, mengandung bakteri baik yang menguntungkan bagi usus manusia. Bakteri baik ini, biasanya digunakan untuk mencegah dan meringankan masalah usus. Dengan makan makanan probiotik, Anda dapat melancarkan masalah sembelit dan membuat makanan lebih cepat dicerna oleh tubuh. Para ahli menyarankan untuk makan atau minum suplemen probiotik saat puasa di waktu berbuka untuk menormalkan pergerakan usus besar Anda.

5. Kurangi dan hindari stress

Salah satu penelitian mengatakan bahwa stres bisa memengaruhi kesehatan pencernaan Anda, khususnya usus. Para peneliti berpendapat bahwa stres bisa membuat usus meradang yang akan mengganggu sistem saraf parasimpatis yaitu sistem yang berfungsi untuk mengontrol gerakan usus. Maka dari itu, hindari berbagi hal berbau stress yang bisa mengancam kesehatan pencernaan Anda saat berpuasa.

The post5 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama Puasaappeared first onHello Sehat.