5 Tips PilihDigital Bankingala Milenial

pada 6 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

 (Foto: dok. Jenius)

Uzone.id-- Tak cuma urusan tukang ojek yang bisa dipanggil ke rumah untuk menjemput dan mengantar ke tempat tujuan, tapi tabungan dan kegiatan transaksi juga bisa dilakukan cukup lewat internet dari ponsel pintar.Yup,digital bankingsemakin marak di tengah milenial.

Banyak yang bilang, kaum milenial itu susah nabung, sering foya-foya, malas mengurus hal-hal yang ‘ribet’ seperti mengantre untuk bikin rekening di bank, dan lain sebagainya.

Sebagai milenial, tentu kita harus bersyukur karena sudah banyak layananfintechdi Indonesia yang memudahkan itu semua. Ada berbagai layanan yang sudah dikenal di kalangan masyarakat, seperti Digibank (Bank DBS Indonesia, Jenius (BTPN), PermataMobile X (Bank Permata), Mandiri Mobile, BNI Mobile, hingga GoMobile by CIMB Niaga.

Baca juga:BI Waspadai Dominasi Gojek Pasca Akuisisi Tiga Fintech

Supaya gak bingung memilih, ada beberapa tips berikut ini yang layak dipertimbangkan ketika kamu mau menentukan pilihandigital banking,gaes.

1. Biaya administrasi bulanan

Biasanya, tabungan di bank membebankan biaya admin dan layanan ATM bulanan, ada yang Rp10 ribu sampai Rp25 ribu per bulan.

Nah, beberapa perbankan digital masa kini menawarkan bebas biaya bulanan gitu, seperti Jenius dan Digibank.

2. Biaya transfer antarbank

Ini juga kamu pasti tahu, biasanya kalau mau transfer ke rekening bank lain, kita dikenakan biaya berkisar Rp4 ribu sampai Rp6.500 setiap transaksinya, baik dari mesin ATM maupunmobile banking.

Layanan seperti Jenius dan Digibank menawarkan fasilitas gratis transfer ke bank manapun tanpa ada batasan berapa kalinya. Lumayan ‘kan, untuk mengirit biayahi-hi-hi.

(Digibank by DBS. dok. DBS)

3. Fitur tabungan

Penting untuk mempertimbangkan fitur tabungan yang paling efektif di tiap layananfintech zaman now. Ada yang autodebet, tabungan yang baru bisa diakses dalam jangka waktu tertentu, hingga dompet digital yang bisa dipisah sesuai kemauan kamu.

Coba kamu cari tahu denganbrowsingatau tanya pengalaman teman, hitung-hitung tanya rekomendasi.

via GIPHY

4. Fitur pembayaran tagihan

Namanya juga perbankan digital, selain untuk menabung, tentunya perlu fitur lain agar tetap bisa diakses melalui ponsel pintar tanpa perlu repot ke mesin ATM.

Beberapa layanan memberikan fasilitas pembayaran pihak ketiga seperti telepon, listrik, asuransi, TV kabel, kartu kredit, iuran BPJS, hingga pembelian pulsa hinggatop-uplayanan digital lain.

Baca juga:SMS Banking Jadi Primadona Pengguna Ponsel

5. Keamanan dan kelancaran penggunaan

Sudah banyak layanan perbankan digital yang mendukung keamanan seperti buka aplikasi pakaipasswordlebih dari 6 digit, sidik jari hinggaface unlock.

Jangan lupa tanyakan ke orang-orang terdekat tentang pengalaman menggunakan aplikasi perbankan digital, apakah selalu lancar jarang ada gangguan, cepat memproses transaksi, tak lupa keuntungan lain seperti potongan harga dan promo menarik dari berbagai restoran danlifestylelainnya.