5 Tool untuk Kelola Akun Jejaring Sosial

pada 7 tahun lalu - by

Merintis sebuahstartupberarti kamu harus siap untuk menyelesaikan sederet daftar pekerjaan yang seolah tak ada habisnya.

Bagistartupdengan anggota tim yang masih sedikit, pengelolaan jejaring sosial bisa jadi terasa sebagai tugas tambahan yang cukup menyita perhatian.

Pada era di mana informasi didistribusikan melalui internet, adalah sebuah kewajiban bagi perusahaan danstartup untuk memiliki keberadaan di jejaring sosial, yang salah satunya dapat dicapai dengan memiliki jejaring sosial aktif. Itulah sebabnya mengapa profesi Social Media Officer/Admin/Specialist kini menjadi salah satu pekerjaan yang cukup banyak peminatnya, karena memang mulai banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Menjaga jejaring sosial kamu tetap berada di dalam kendali adalah hal yang sangat penting. Salah satu upaya yang dapat kamu lakukan adalah dengan tidak berfokus kepada terlalu banyak platform. Ini akan membuatmu lebih mudah mengelola jejaring sosial perusahaan dan memberikan apa yang audiens inginkan.

Pada artikel ini, saya akan membahas tentang beberapatoolgratis yang dapat kamu gunakan untuk mempermudah pengelolaan jejaring sosial perusahaan. Berikut adalah ulasannya.


Pengelola jejaring sosial: Buffer

Buffer adalah sebuahtoolpengelola jejaring sosial yang menjadi pilihan banyak pekerja jejaring sosial. Hal ini dapat dimaklumi, karena Buffer menawarkan sebuahtoolyang akan menjadwalkan kapan kamu akan mengunggah konten ke jejaring sosial.

Dibandingtoollain yang hanya mampu menjadwalkan konten baru di jejaring sosial secara manual, Buffer hanya perlu “diberi makan” dengan konten baru.Toolini yang mengatur kapan waktu terbaik untuk mengunggah konten di jejaring sosial. Buffer juga mampu memperpendek URLdari tautan konten, sehingga URL yang kamu bagikan di jejaring sosial akan jadi ringkas dan mudah untuk diingat.

Dengan Buffer, kamu dapat mengunggah konten di Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, dan Google+. Kamu juga dapat menggunakantoolini untuk mengunggah konten secara manual di Instagram.

Buffer dapat kamu gunakan secara gratis untuk menjadwalkan sepuluh konten secara bersamaan. Dengan membayar mulai dari US$10 (sekitar Rp130.000) kamu dapat menikmati tambahan jumlah akun jejaring sosial yang didaftarkan, serta memperbanyak jumlah konten untuk dijadwalkan secara berbarengan.

Situs resmi:Buffer


URL shortener: Bitly

Meski Buffer sudah menawarkan kemampuan untuk memperingkas tautan URL, namun Bitly mempunyai keunggulan lebih jauh dengan fitur kustomisasi. Selain dapat memperpendek URL panjang yang sulit diingat, kamu juga dapat menciptakan sebutan tersendiri untuk URL yang hendak dibagikan.

Dengan kemampuan melakukan kustomisasi URL, kamu bisa mengubah tautan panjang tak bermakna seperti “blabla.com/2017/03/17/jA92ikLdcN/hUisCahEILisA”, menjadi “bit.ly/artikelpilihan” yang jauh lebih mudah untuk diingat.

Tidak hanya kustomisasi URL yang jadi fitur terbaik dari Bitly. Kamu juga dapat mengecek berapa orang yang telah mengakses tautan tersebut, dari mana mereka mengakses tautan tersebut, dan di mana lokasi mereka.

Apabila kamu menginginkan solusiURL shortenerdengan fitur yang lebih banyak lagi, kamu dapat mencoba layanan berbayar Bitly yang akan memungkinkan kamu untuk membuatcustom branded URL(mengganti bit.ly dengan nama yang kamu inginkan, seperti tia.id, misalnya),mobile deep linking,data analyticsyang lebih lengkap, serta fitur manajemen pengguna yang akan berguna apabila beberapa pengguna menggunakan Bitly secara bersamaan.

Situs resmi:Bitly


Desain visual untuk konten: Canva

Dengan banyaknya penyedia platform jejaring sosial sepertiFacebook,  Twitter, dan lainnya, membuat sebuah konten dengan desain menarik bukanlah perkara mudah. Hal ini menjadi sorotan utama Canva, sebuahstartupgrafis asal Australia. Canva berusaha untuk membuat upaya desain menjadi mudah bagi semua orang.

Membuat sebuah konten dengan visual yang menarik di blog atau jejaring sosial biasanya membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Tak jarang kamu harus mempekerjakan desainer untuk dapat membuat sebuah konten visual menarik. Dengan Canva, kini kamu dapat membuat sebuah desain yang menarik secara visual tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun.

Canva biasa digunakan untuk membuat konten di jejaring sosial, gambar untuk blog, infografis, presentasi, dan keperluan lain yang memerlukan visual menarik. Canva dapat kamu gunakan secara gratis, atau apabila kamu membutuhkan beberapa fitur tambahan lain, kamu dapat membayar biaya berlangganan sebesar US$13 (sekitar Rp169 ribu) per bulan.

Situs resmi:Canva


Gudang konten: MeetEdgar

Hal paling menyebalkan adalah ketika konten yang telah kamu buat untuk jejaring sosial ternyata terkubur dengan konten lain di lini masa pengguna. Ditambah dengan perilaku audiens yang jarang membuka lini masa jejaring sosial masing-masing, peluang audiens untuk melihat konten yang kamu buat di jejaring sosial menjadi lebih kecil.

Perkenalkan Edgar.Toolini akan memaksimalkan upaya pemasaran kamu di jejaring sosial dengan memperkecil kemungkinan konten kamu akan diacuhkan. Bagaimana caranya?

Walau terlihat hampir serupa dengantoolpengelola jejaring sosial lain seperti Buffer, ternyata fungsinya tidak hanya untuk menjadwalkan konten untuk diunggah dalam waktu tertentu. MeetEdgar dirancang khusus agar kamu memiliki sebuah koleksi yang bisa kamu isi dengan konten milikmu.

Koleksi ini dapat kamu gunakan berulang kali untuk memaksimalkan visibilitas konten yang kamu buat, sekaligus sebagai cadangan apabila kamu memang belum membuat konten baru untuk dipublikasikan.

Untuk menggunakan MeetEdgar, kamu harus merogoh kocek sebesar US$49 (sekitar Rp650 ribu) per bulan. Dengan membayar biaya berlangganan ini, kamu akan mendapatkan koleksi konten yang dapat digunakan untuk menyimpan hingga seribu konten yang tersambung dengan hingga sepuluh akun jejaring sosial yang berbeda.

Situs resmi:MeetEdgar


Cari berita terhangat: BuzzSumo

Buzzsumo mungkin adalah salah satutooljejaring sosial yang paling berguna bagi parainfluencerdan bloger profesional. Dengan BuzzSumo, kamu dapat melihat apa saja hal-hal yang sedang hangat dibicarakan di wilayah tertentu. Selain itu, kamu juga dapat melihat berita lain yang sedang ramai di jejaring sosial atau ranah digital lainnya.

Toolini akan membantu kamu untuk lebih memahami kompetitor dan audiens, serta memberikan kamu kendali lebih terhadap berbagai topik yang sedang dibahas. Kamu dapat menemukan berita apa pun yang kamu inginkan berdasarkan kata kuncinya.

Buzzsumo membantu kamu untuk menyaring konten yang ada berdasarkan tanggal dan popularitasnya di jejaring sosial. Kamu akan mampu untuk membuat konten yang berpotensi untuk populer di jejaring sosial—karena popularitasnya telah terukur. Dari angka popularitas konten yang ada, kamu juga dapat menentukan tipe konten seperti apa yang diinginkan oleh audiens.

Kamu dapat menggunakan Buzzsumo secara gratis dengan fungsi yang terbatas. Apabila kamu tertarik untuk menggunakantoolini secara profesional, kamu dapat membayar biaya keanggotaan mulai US$79 (sekitar Rp1 juta) per bulan. Sekilas biayanya terlihat mahal, namun dengan kemampuannya untuk dapat membantu kamu mencari konten-konten yang berpotensi viral, saya rasa nilai tersebut cukup sebanding.

Situs resmi:Buzzsumo


Beragam toolyang tersedia di internet membuat beberapa pekerja jejaring sosial akan kebingungan untuk menggunakannya. Dengan mengetahui beberapatoolyang tepat, upayamu untuk memaksimalkan potensi konten akan semakin efektif. Jika kamu mengetahuitoolmenarik lain yang biasa digunakan oleh para pekerja jejaring sosial, silakan bagi opini kalian pada kolom komentar.

 

The post5Tooluntuk Kelola Akun jejaring Sosial dengan Efisien dan Efektifappeared first onTech in Asia Indonesia.