5 Trik Cerdas Agar Bisa Tetap Sehat Saat Makan-Makan Tahun Baru

pada 5 tahun lalu - by

Pesta pergantian tahun kerap dijadikan momen untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Jika sudah berkumpul tentu yang tak akan terlewatkan yaitumakan-makan. Apalagi tahun baru identik dengan pestabarbequedengan menu bakaran mulai ayam, daging, hingga jagung bakar. Melimpahnya makanan di perayaan tahun baru biasanya membuat Anda menjadi kalap. Semua makanan yang disediakan dimakan habis dengan dalih “sekali-kali”. Untuk itu, yuk, simak tips makan sehat saat tahun baru berikut ini.

Tips makan sehat saat tahun baru

1. Isi perut dengan makan siang yang sehat

Saat Anda berencana untuk mengadakan pesta bakaran di malam tahun baru, sebaiknya isi perut dengan makanan sehat dan bergizi saat makan siang. Pastikan untuk makan makanan yang mengandung protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks, dan jugaserat.

Jangan sampai Anda tidak makan siang atau makan makanan yang tidak mengenyangkan dan cukup gizi. Pasalnya, hal ini bisa membuat Anda merasa sangat lapar di malam hari. Bisa-bisa semua makanan yang disajikan di malam tahun baru Anda lahap semuanya tanpa pikir panjang. Akibatnya, Anda makan dengan sangat berlebihan.

2. Makan camilan sebelum pergi

Makancamilansebelum pergi ke acara makan-makan tahun baru bisa menjadi cara ampuh untuk menghindari rasa lapar yang menyerang secara berlebihan. Rasa lapar yang tertahankan membuat Anda makan kalap di pesta tahun baru. Akibatnya, diet yang sedang Anda jalani gagal dalam sekejap.

Oleh karena itu, usahakan untuk makan camilan untuk menahan rasa lapar. Anda bisa memilih camilan sehat dan kaya serat seperti buah-buahan atau agar-agar supaya kenyangnya lebih lama.

3. Banyak minum air putih

Soda, sirup, bir, dan minuman manis lainnya mungkin menjadi menu wajib untuk melengkapi pesta. Nah, jika Anda ingin tetap makan sehat saat tahun baru, usahakan untuk membatasi minuman ini. Minuman manis mengandung kalori yang sangat tinggi. Untuk itu, lebih baik Anda minum air putih saja.

Selain lebih sehat, minum banyak air putih juga membantu menghalau rasa lapar yang menyerang serta membuat Anda lebih kenyang setelah makan.

4. Batasi porsi makan

Meski semua makanan terlihat enak dan menggugah selera, Anda tetap perlu menjaga kesehatan dan berat badan dengan membatasi porsi makan. Oleh karena itu, jangan makan berlebihan dan batasi porsinya.

Jangan memenuhi piring dengan daging atau lemak. Sebaiknya, isi setengah bagian piring dengan sayur-sayuran. Selain lebih sehat, sayuran juga mengandung serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda tetap bisa makan enak dengan porsi yang terkendali.

5. Ubah fokus Anda

Saat pesta tahun baru dimulai, usahakan jangan memikirkan makanannya saja. Akan tetapi, fokuslah pada acaranya. Fokuslah untuk membuka obrolan dengan teman dan kerabat yang hadir. Jadikan momen ini sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat hubungan Anda dengan orang lain. Dengan mengubah fokus, Anda tak lagi hanya memikirkan makan, makan, dan makan dalam pesta pergantian tahun nanti.

Dengan melakukan berbagai tips sederhana ini, Anda bisa tetap makan enak dengan porsi yang tetap terkendali. Selamat mencoba.

The post5 Trik Cerdas Agar Bisa Tetap Sehat Saat Makan-Makan Tahun Baruappeared first onHello Sehat.