5 Upgrade di Samsung Galaxy A54 5G, dari Chipset Sampai Kamera

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Samsung Galaxy A54 5Gis here.Smartphoneini melenggang resmi secara global, dan tersedia juga di Indonesia dengan harga yang tak jauh beda dengan generasi sebelumnya.

Samsung Galaxy A54 5G dibanderol Rp5.999.000 untuk model 8/128 GB, sementara untuk varian 8/256 GB dijual Rp6.399.000. Harga tersebut masih sama, bahkan lebih murah Rp100 ribu untuk varian tertingginya dibanding Samsung Galaxy A53 5G saat pertama kali dipasarkan di Indonesia.

Kendati harganya sama, namun Samsung memberikan banyakupgradeuntuk Galaxy A54 5G. Peningkatannya pun gak tanggung-tanggung, hampir semua aspek dismartphoneini diberikanupgradeyang cukup signifikan dibanding seri terdahulu. 

Kita dari sisipricecoba untuk tetap menarik dari sisi konsumen dengan peningkatan yang ada. Jangan sampai nanti ada peningkatan fitur tapi harganya naik terus, jadi kita pertahankan harga yang menarik di sisi konsumen,” jelas Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia kepada timUzone.id.

Berikut ini timUzone.idtelah merangkum setidaknya 5 peningkatan besar sekaligus kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy A54 5G.

Desain mirip Samsung Galaxy S23

Galaxy Identity, konsep desain yang diusungsmartphoneSamsung generasi terbaru. Menurut, Ilham Galaxy Identity adalah konsep dimana satu produk dengan produk lainnya punya identitas desain yang serupa.

Seperti Samsung Galaxy A54 5G, punya bodi belakang yang mirip dengan Samsung Galaxy S23. Bodi belakangnya terbuat dari kaca dengan desain kamera vertikal yangframe-less.

“Jadi untuk tahun 2023 ini kita ada Galaxy Identity. Di sini, kita coba semacam ada garis desain yang sama antara satu produk dengan produk lainnya agaridentityini ada. Galaxy A54 ini mirip dengan seriflagshipSamsung,” terang Ilham.

Pilihan warnanya pun dibuat menarik. Total ada empat pilihan warna yang membalut bodi kacanya, yakni Awesome Lime dengan kelir hijau terang, Awesome Graphite yang terlihat elegan dengan warna hitamnya, Awesome Violet berwarna ungu yang cantik, serta Awesome White yang kelihatan elegan.

Bukan cuma desainnya dibuat sama seperti Samsung Galaxy S23,feelsaat menggenggamnya juga cukup serupa. Dengan ukuran layar 6,4 inci,form factorponsel ini berada di tengah-tengah antara Samsung Galaxy S23 dan Galaxy S23+, mudah digunakan dengan satu tangan saja.

Exynos 1380 yang lebihpowerful

Dapur pacu Samsung Galaxy A54 5G jauh lebih baik dari sebelumnya. Samsung kasihupgradeyang gak nanggung untuksmartphoneini.

Untuk Samsung Galaxy A54 5G, Samsung menyematkanchipsetExynos 1380 buatan sendiri. SoC (system on chip) itu dibuat dengan arsitektur 5nm EUV dan mengusung konfigurasi CPU dua cluster, terdiri dari 4-core Cortex A78 denganclock-speed2,4 GHz dan 4-core Cortex A55 denganclock-speed2 GHz.

Samsung mengklaim, kinerja CPU pada prosesor ini lebih ngebut 20 persen ketimbang Exynos 1280 yang dipakai oleh Galaxy A53 5G.Chipsetini dilengkapi GPU atau kartu grafis Mali G68 yang kinerjanya meningkat 26 persen dari sebelumnya.

RAM Plusup to8 GB

Tenaga yang kuat dari Exynos 1380 dikombinasikan dengan RAM dan penyimpanan internal yang luas. RAM Samsung Galaxy A54 5G mencapai 8 GB, dan bisa ditambah menggunakan fitur RAM Plus hingga 8 GB.

RAM Plus adalah fitur untuk memperluas RAM secara digital. Fitur ini menggunakan sebagian kecil memori penyimpanan, dan sedikit berpengaruh pada kinerja ponsel secara keseluruhan.

Memori penyimpanannya ada dua varian, 128 GB untuk model terendah dan 256 GB untuk versi tertinggi. Kalau terasa belum cukup, pengguna bisa menambahkan microSD sampai 1 TB padasmartphoneini.

Kamera 50 MP Sony IMX766

Kalau Samsung Galaxy A53 5G punya kamera utama 64 MP, Samsung Galaxy A54 5G mengusung kamera 50 MP. “Wah resolusinya turun”,welltapi sensor yang digunakan sudah setara ponselflagship.

Sensor kamera yang dipakai ponsel ini adalah Sony IMX766 yang biasanya digunakan oleh ponselhigh-end. Kamera ini menghasilkan gambar dengan resolusi 12 MP secaradefault, berkat proses4-in-1 pixel binningyang memadatkan 4 piksel menjadi 1 piksel untuk menghasilkan gambar dengan warna dan detail yang jauh lebih baik.

Belum lagi, kamera utama ini sudah didukung teknologi wider OIS yang membuatnya menghasilkan video bebas efek guncangan danblue. Berbekal OIS yang lebih baik pun, hasil konten yang diambil di malam hari jadi minimnoisedan tetap memiliki detail dan warna yang berkualitas tinggi.

Sementara kamera sisanya, terdapat kameraultrawide12 MP dan makro 5 MP. Di depan, ada kamera selfie 32 MP.

Update OS hingga 4 kali

Seperti Samsung Galaxy S23 Series, Samsung Galaxy A54 5G sudah berjalan di sistem operasi One UI 5.1 berbasis Android 13.

Samsung juga menjanjikanupgradesistem operasi sampai 4 kali denganpatchkeamanan rutin selama 5 tahun ke depan.