60% Pelanggan Tri Akses Medsos dan YouTube Saat Libur Panjang

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Ilustrasi (Unsplash)


Uzone.id -Seperti operator lainnya, Tri Indonesia mengalami lonjakan trafik dat selama libur Natal dan Tahun Baru 2020. Lonjakan ini didominasi oleh pengguna untuk mengakses media sosial dan video streaming.

Menurut operator tersebut, ada keenaikan trafik data sebesar 44% dibandingkan libur yang sama tahun lalu.

Pada momen pergantian tahun tersebut, trafik data Tri meningkat sekitar 15% bila dibandingkan rata-rata pada hari normal.

Bahkan beberapa kota mengalami lonjakan yang cukup signifikan, di Kota Cianjur sebesar 25%, serta lokasi tujuan wisata seperti Bandung, Malang, dan Yogyakarta.

Baca juga:Realme 5i Segera Meluncur di Indonesia

Pengguna operator ini pun kebanyakan mengakses media sosial sebesar 33%, video streaming sebesar 30%, dan instant messenger sebesar 17%.

"Media sosial masih menjadi yang paling banyak di akses dan digunakan untuk membagikan momen pergantian tahun," ujar M Danny Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (8/1/2020).

Danny melanjutkan untuk memberikan pengalaman yang memuaskan dalam berselancar di dunia maya, Tri telah membangun 9,000 4G BTS untuk menjangkau area baru dan memperluas kapasitas.

Baca juga:Kronologi Keributan Keanu dan Lucinta Luna


"Termasuk di 160 titik penting dan tujuan wisata di seluruh Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, curah hujan tinggi pada awal tahun 2020 juga menyebabkan beberapa area di wilayah Jabodetabek terkena banjir, akibatnya terjadi pemadaman listrik di beberapa daerah yang berdampak pada penurunan kinerja BTS.

Namun, tim khusus Tri langsung melakukan optimisasi jaringan, sehingga layanan dan coverage tidak terjadi gangguan yang berarti. Pada 1 hingga 2 Januari 2020, Tri menyebutkan tidak terjadi penurunan trafik di area Jabodetabek.

Sedangkan BTS yang terdampak banjir saat telah kembali normal sejak 2 Januari 2020.