66 Persen Pasangan Sering Sharing Password, Apa Alasannya?

pada 24 hari lalu - by

Uzone.id– Satu hal yang sering kali jadi reminder ketika ada kebocoran data adalah mengamankan password dan tidak membagikan kata sandi ke siapapun alias ‘rahasia pribadi’.

Sayangnya, survei terbaru dari Populix bersama dengan Uzone menemukan bahwa ‘sharing password’ jadi hal yang lumrah untuk pasangan di Indonesia. FYI, survei ini ditujukan pada 1000 responden di kalangan Gen Z dan Millennial.

Dalam survei tersebut, sebanyak 66,3 persen orang Indonesia ternyata memilih untuk berbagi kata sandi atau PIN dengan pasangan mereka. Sementara sisanya, 33,7 persen menolak untuk berbagi password dengan pasangan karena sudah saling mempercayai satu sama lain.

 

 

Ditanya mengenai alasannya, sebanyak 39,4 persen mengaku ingin lebih terbuka pada pasangan mereka masing-masing. Sebanyak 28,9 persen mengaku ingin memudahkan akses, 9,7 persen memberikan password secara sukarela tanpa paksaan, lalu 9,3 persen lainnya berbagi password untuk backup data.

Sementara 6,6 persen lainnya berbagi password dengan pasangan karena urusan keuangan bersama dan 6 persen memberikan password karena diminta oleh pasangan mereka masing-masing.

Password yang paling banyak dibagikan ke pasangan adalah PIN smartphone sebanyak 33,4 persen, password akun media sosial sebanyak 8,6 persen, PIN m-banking  sebanyak 6,1 persen, PIN WhatsApp sebanyak 2,3 persen, password email sebanyak 1,6 persen.

 

 

Dari keseluruhan responden, 21,9 persen mengaku berbagi semua password aplikasi dan 26,1 persen tidak menjawab.

Di sisi lain, ada alasan bagi pasangan yang memilih untuk tidak berbagi password. Sebanyak 46,3 persen mengaku sudah percaya satu sama lain, 34,2 persen ingin menjaga privasi mereka dari pasangan, 15,7 persen mengaku khawatir akan menimbulkan masalah nantinya dan 3,8 persen merasa tidak nyaman berbagi.

Sebagai pengingat saja, kata sandi sendiri adalah data kredensial penting yang tidak dianjurkan untuk dibagikan secara sembarangan ke pihak lain. Karena dengan berbagi kata sandi, kalian berarti telah memberikan kendali akun/perangkat kalian terhadap pihak lain, termasuk pihak yang kalian percaya.

Nah, terlepas dari itu, kalian sendiri tim berbagi password atau tim yang merahasiakan password dari pasangan?