8 Ciri Hamil Selain Telat Haid

pada 7 tahun lalu - by

Bagi Anda yang sudah berpasangan kemudian mengalamitelat haid, maka yang terlintas di dalam pikiran Anda adalah kehamilan. Ya, telat haid merupakan salah satu tanda-tanda kehamilan pada wanita. Sebenarnya apa saja tanda-tanda kehamilan sesaat setelah Anda telat haid? Berikut adalah tanda-tanda kehamilan yang umum terjadi.

Tanda-tanda kehamilan pertama: payudara terasa kencang dan puting memerah

Salah satu tanda-tanda kehamilan yang sering terjadi pada wanita yang mengalami hamil muda adalah perubahan pada payudaranya. Payudara akan terasa lebih kencang bahkan dalam beberapa kasus timbul rasa nyeri dan tidak nyaman. Selain itu, puting juga akan memerah atau juga area sekitar puting berubah warna menjadi lebih hitam. Hal ini diakibatkan oleh perubahan jumlah hormon progesteron serta estrogen yang terjadi pada wanita hamil.

Merasa mual dan mengalami masalah pencernaan lain

Perasaan mual dan ingin muntah pada wanita yang telat haid merupakan gejala yang paling awal yang akan muncul. Hampir semua wanita hamil muda akan mengalami gejala ini, bahkan dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa sering munculnya rasa mual dan muntah yang dialami wanita hamil akan menurunkan risiko keguguran pada usia kehamilan dini. Diperkirakan sebanyak 80% wanita hamil muda akan mengalami mual dan muntah (morning sickness). Gejala awal kehamilan juga dapat berupa perut kembung, sembelit, dan kepekaan terhadap bau atau aroma meningkat.

Perut kembung

Apabila Anda menyadari bahwa Anda telat haid dan kemudian merasa perut sering kembung, hal ini menandakan bahwa mungkin saja Anda sedang mengandung. Ya, tanda-tanda kehamilan di tahap awal salah satunya adalah rasa tidak nyaman di perut akibat gas yang terlalu banyak. Meskipun Anda tidak mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung gas, tetapi gejala perut kembung bisa saja terjadi akibat perubahan hormon tubuh.

Suasana hati mudah berubah dan menjadi emosional

Sama seperti gejalapremenstrual syndrome(PMS) – kondisi yang sering kali muncul sesaat sebelum masa menstruasi datang, di awal kehamilan Anda akan merasa sangat emosional. Suasana hati sangat mudah berubah dan menjadi lebih sensitif terhadap segala hal.

Apabila Anda menyadari bahwa Anda lebih emosional dibandingkan dengan sebelumnya, maka mungkin saja Anda sedang hamil. kondisi ini lagi-lagi diakibatkan oleh perubahan hormon estrogen dan progesteron yang terjadi. Selain itu, perubahan fungsi tubuh dan metabolisme juga dapat mempengaruhi emosional Anda secara tidak langsung.

Perubahan terhadap selera makanan

Percaya atau tidak, wanita yang sedang hamil bisa saja tiba-tiba menyukai makanan yang sebelumnya ia tidak suka dan menghindari makanan kegemarannya. Perubahan selera makanan, rasa, serta aroma sering kali terjadi pada wanita yang hamil. Kondisi ini biasanya kita sebut sebagai ‘ngidam’.

Keluar darah dari vagina

Walaupun tidak semua wanita hamil muda akan mengalami hal ini, namun keluarnya bercak darah vagina cukup umum terjadi. Bercak darah yang muncul dianggap sebagai hasil dari proses penanaman sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma di dalam rahim, dinamakan jugapendarahan implantasi. Atau terkadang, dalam beberapa kasus bercak darah ini menandakan bahwa masih ada sisa-sisa perdarahan akibat haid yang Anda alami sebelumnya.

Hubungan seksual juga dapat menyebabkan bercak darah ini muncul. Apabila bercak darah terus keluar, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Merasa cepat lelah

Apabila Anda merasa cepat lelah belakangan ini, padahal tidak melakukan aktivitas fisik yang berat maka kehamilan bisa menjadi alasannya. Hormon progesteronlah yang menyebabkan gejala ini terjadi. selain itu, munculnya gejala lain seperti mual dan muntah, serta suasana hati yang sering berubah dapat menimbulkan kelelahan pada tubuh. Tidak hanya itu saja, perubahan fungsi tubuh juga dapat membuat energi tubuh lebih banyak terkuras.

Sering buang air kecil

Tanda-tanda kehamilan yang sering terjadi di masa-masa awal adalah sering buang air kecil. Mungkin Anda akan mudah menyadarinya apabila gejala ini datang. Pada awal kehamilan, secara alami rahim Anda akan berkembang dan tumbuh besar. Hal ini kemudian membuat kandung kemih tertekan sehingga Anda akan lebih sering terangsang untuk buang air kecil meskipun kandung kemih belum penuh.

Gejala sering buang air kecil ini diakibatkan karena tingginya hormonhuman chorionic gonadotropin(hCG). Hormon hCG ini juga menyebabkan peningkatan aliran darah ke ginjal sehingga meningkatkan produksi urin.

The post8 Ciri Hamil Selain Telat Haidappeared first onHello Sehat.