8 Fakta Masakan Cina Bahaya Bagi Ibu Hamil

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Kuliner khas Cina memang populer di banyak negara, termasuk Indonesia. Banyak dari kita sudah akrab dengan masakan Cina, seperti dim sum, berbagai olahan mie, hingga tumis sayuran seperti capcay.

Ya, bisa dikatakan semua orang mencintai masakan Cina, begitupun dengan ibu hamil. Ketika datang pada ibu hamil, kita tentu sering bertanya-tanya apakah masakan yang dikonsumsi aman atau tidak, termasuk pada masakan Cina.

Kita semua sudah mengetahui bahwa ibu hamil harus mendapatkan diet yang sehat, karena apa yang dimakan oleh perempuan hamil, maka akan sampai langsung pada bayi di rahim mereka melalui tali pusat.

Jadi, apa yang terjadi ketika seorang perempuan hamil gemar melahap masakan? Apakah itu sehat dan aman?

Berikut delapan fakta tentang masakan Cina:

Fakta 1

Hampir semua masakan Cina seperti mie, nasi goreng dan lainnya memiliki rasa yang gurih karena adanya penambahan rasa ke dalam masakan. Diketahui hal ini mengandung aditif beracun yang cukup berbahaya.

Fakta 2

Salah satu zat beracun yang ditemukan dalam masakan Cina disebut monosodium glutamat atau MSG.

Fakta 3

Monosodium glutamat adalah jenis garam natrium, yang berasal dari asam glutamat yang memiliki kemampuan untuk membuat rasa masakan lebih enak.

Fakta 4

Banyak penelitian selama bertahun-tahun mengaitkan, mereka yang mengonsumsi MSG melalui masakan Cina, bisa terkena banyak penyakit seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, alergi, asma, nyeri sendi, hingga kenaikan berat badan.

Fakta 5

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa ketika perempuan hamil yang mengkonsumsi masakan Cina, kandungan MSG di dalamnya dapat mencapai janin dan mempengaruhi pertumbuhannya.

Fakta 6

Asam amino non-esensial yang hadir dalam MSG dapat menghambat pertumbuhan tulang bayi di dalam rahim dan menyebabkan gangguan perkembangan tertentu.

Fakta 7

Terlepas dari MSG, masakan Cina juga memiliki kandungan sodium yang sangat tinggi, yang dapat memperburuk mual atau morning sickness, kram dan kembung pada perempuan hamil.

Fakta 8

Jadi, kesimpulannya, tidak aman bagi perempuan hamil untuk mengonsumsi masakan Cina secara teratur atau terlalu sering.

 

Berita Terkait: