9 Girlband K-Pop yang Debut dengan Konsep Funky
Masa debut adalah salah satu momen paling krusial dalam karier sebuah grup idola K-Pop. Pilihan konsep saat debut bisa menentukan apakah publik akan mengingat grup ini atau tidak, sekaligus menentukan arah karier grup itu di masa depan.
Tentu, ini berlaku pula bagigirlbandK-Pop. Para agensi akan berlomba-lomba menghasilkan konsep seunik mungkin untuk grup yang akan mereka debutkan.
Ada perusahaan yang memutuskan untuk memberikan konsep manis atau seksi. Namun, ada juga agensi yang memilih untuk menggunakan konsep funky.
Misal, seperti yang digunakan oleh kesembilan grup idola K-Pop ini. Dengan kreasi masing-masing, grup-grup yang berasal dari berbagai generasi dan agensi yang berbeda ini, menghadirkan konsep penuh warna, dengan maksud agar publik mengingat mereka.
Seperti apa konsep mereka? Yuk, simak dalamstoryberikut!
1. Red Velvet – Happiness (2014)
Sejak mengawali karier mereka di tahun 2014, Red Velvet selalu tampil unik dengan gaya fashion dan video klip yang ‘di luar pakem’. Misal, seperti tersaji dalam video klip lagu debutnya, ‘Happiness’.
Dalam video klip lagu itu, grup debutan SM Entertainment ini tampil nyentrik dengan gaya rambut ombre warna-warni, berbalutkan kostum alacheerleaderdi tengah set video yang bergaya tropis. Penggunaan konsep tersebut, ditambah dengan musik ‘Happiness’ yang memang unik dan strategimarketingSM yang mumpuni, berhasil menjadikan Red Velvet dikenal publik.
2. 4Minute – Hot Issue (2009)
4Minute,girlbandbesutan Cube Entertainment yang kini telah bubar, mengawali karier di dunia hiburan dengan konsep funky. Mereka bereksperimen dengan gaya itu dalam lagu berjudul ‘Hot Issue’ (2009).
Dalam video klip lagu tersebut, 4Minute mengenakan baju dengan gaya yang hip pada masanya. Contoh, legging warna-warni dengan aneka motif yang dipadukan dengan baju-baju berwarna terang. Mereka juga menari dengan latar layar LED terang, melengkapi konsep pop-funky yang segaris dengan tema lagu itu, yaitu ‘hot issue’.
3. Cherry Bullet – Q&A (2019)
Girlbandbaru besutan FNC Entertainment, Cherry Bullet, baru saja debut pada Senin (21/1). Mereka memperkenalkan diri lewat ‘Q&A’,title trackdarisinglealbum pertamanya yang juga berjudul sama.
Dalam ‘Q&A’, grup ini mengombinasikan gaya casual Koreanstreet styledengan holographic fashion yang sedang menjadi tren. Gaya berpakaian ini dipadukan dengansetdaneditingvideo yang bertema game futuristik, menghasilkan gaya yang modern sekaligus unik.
4. Sistar – Push Push (2010)
Sebelum menggunakan konsep seksi, Sistar pernah bereksperimen dengan gaya funky. Seperti yang tercermin dalam video klip lagu debut mereka, ‘Push Push’ (2010).
Dalam video itu, keempat anggota Sistar, yaitu Hyolyn, Soyu, Bora, serta Dasom, mengenakan beragamfashionsekaligus--mulai dari pop, punk, hingga casual. Hal ini dianggap sebagaistatementSistar untuk tampil dengan konsep pop ketika itu.
5. f(x) - LA chA TA (2009)
Jika SNSD debut dengan konsep manis, f(x), grup idola SM Entertainment yang dijuluki sebagai ‘the female SHINee’, menggunakan konsep funky dalam lagu debut mereka, ‘LA chA TA’.
Dalam lagu keluaran 2009 ini, f(x) menampilkan visual yang kasual dan sedikitboyish. Misalnya, dengan menggunakanbaggy pants, vest tanpa lengan berbahan katun, dan aksesoris kalung logam untuk menghadirkan gaya yang tomboi sekaligus unik.
6. Twice – Like Ooh-Ahh (2015)
Sebelum menggunakan konsep cute danfreshdalam berbagai lagu mereka, grup besutan JYP Entertainment, Twice, pernah memakai konsep funky dalam lagu debutnya, yaitu ‘Like Ohh-Ahh’ (2015).
Konsep ini diperlihatkan lewat kostum para anggota Twice, yaitu seragam bertema cheerleader yang dikombinasikan juga dengan gaya punk-rock. Penggunaan kostum ini dipadukan dengan set video klip yang bertemazombie apocalypse, menghadirkan konsep yang unik.
7. 2NE1 – Fire (Street Ver.) (2010)
Saat masih aktif di dunia hiburan Korea, 2NE1 selalu menghadirkan konsepfunky-fierceyang menjadikan mereka sebagaitrendsetter. Konsep unik yang begitu tegas ini sudah mereka tunjukkan sejak 2009, saat CL, Dara, Minzy dan Bom debut dengan lagu berjudul ‘Fire’.
Saat itu, 2NE1 menghadirkan dua buah video klip untuk video ‘Fire’, yaitu versi ‘Space’ dan ‘Street’. Dalam video ‘Street’, 2NE1 terlihat mengenakan baju bergaya hip-hop yangplayfulsekaliguschic. Ini seolah menggambarkan salah satu gaya yang diusung 2NE1 disepanjang karier mereka.
8. CLC – Pepe (2015)
Grup idola besutan Cube Entertainment, CLC, dikenal sebagai grup yang sering mencoba berbagai konsep. Salah satu konsep yang pernah mereka gunakan adalah adalah konsep funky, dalam lagu debut yang berjudul ‘Pepe’ (2015).
Dalam video klip ‘Pepe’, CLC yang ketika itu masih berdiri dengan formasi lima orang, terlihat mengenakan beberapa seragam panggung. Mulai dari seragam cheerleader hingga pakaian bertema jeans mereka hadirkan dalam video tersebut. Kostum ini dipadukan dengan set video yang bergaya pop, dengan maksud menghasilkan visual yang menarik.
9. Blackpink – Boombayah (2016)
Sejak mengawali karier mereka di tahun 2016, Blackpink dikenal sebagai grup idola dengan gayaedgy. Hal ini terlihat dari gaya mereka yang memadukan berbagai barang branded untuk menghasilkan konsepstreet styleataupunk-rockyang unik.
Misal, seperti yang mereka tampilkan dalam video klip ‘Boombayah’. Dalam video tersebut, Rose, Jennie, Lisa, serta Jisoo mengenakan pakaian bertemapunk-rockdengan riasan yang feminin, di tengah set video klip yang didominasi warna pink dan hitam neon. Ini seolah menjabarkan definisi ‘Blackpink’ yang ingin mereka perkenalkan kepada publik.