Ada Fitur Channel di WhatsApp, Apa Isinya?

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Tahun ini WhatsApp sepertinya sedang rajin-rajinnya merilis fitur baru agar penggunanya tidak minggat ke platform lain.

Baru juga memperkenalkan fitur edit, WhatsApp kembali memperkenalkan fitur baru ‘Saluran’ atau ‘Channel’ pada 8 Juni kemarin. Apa fungsi dan isinya?

Menurut WhatsApp, fitur ini merupakan sebuah cara simpel, andal, dan privat yang dapat digunakan untuk menerima info terkini dari orang-orang dan organisasi, langsung di dalam WhatsApp.

Fitur ini hampir sama dengan fitur Broadcast yang baru dikenalkan Instagram, pasalnya hanya admin saja yang bisa mengirim  tulisan, foto, video, stiker dan polling ke Channel.

“Saluran adalah fitur siaran satu arah bagi admin untuk mengirim teks, foto, video, stiker, dan polling,” tulis WhatsApp dalam pernyataannya.

Lewat fitur ini, pengguna nantinya bisa mendapat info terkini dari orang atau organisasi yang kalian minati, seperti klub sepakbola favorit, tokoh publik, atau hobi yang sesuai secara lebih privat.

Pengguna juga bisa gabung ke sebuah saluran dari tautan undangan yang dikirim dalam chat, email, atau diposting secara online.

Sama seperti fitur broadcast, WhatsApp memiliki visi untuk membangun layanan siaran yang lebih intimate dan private.

Nah, karena bersifat private, admin dan anggota lain di Channel ini tidak akan melihat nomor telepon dan foto profil kalian.

Lebih aman lagi, WhatsApp hanya akan menyimpan riwayat channel di server hingga 30 hari.

:”Dan kami akan menambahkan cara untuk menghilangkan pembaruan lebih cepat dari perangkat pengikut. Admin juga akan memiliki opsi untuk memblokir tangkapan layar dan pesan yang diteruskan dari saluran mereka,” tambah WhatsApp.

Admin fitur ini juga bisa memutuskan siapa saja yang bisa gabung dan bisa mengatur opsi visibilitas, yang mana mereka bisa memilih untuk ditemukan di direktori atau tidak nantinya.

Channel untuk beberapa organisasi nirlaba atau organisasi kesehatan akan diamankan dengan enkripsi end-to-end.

Saat ini, fitur Channel/Saluran ini baru dirilis di beberapa negara, seperti Kolombia dan Singapura, dan akan dirilis ke lebih banyak negara di bulan yang akan datang.

Tak hanya untuk menjangkau audiens yang lebih banyak, adanya fitur Channel ini juga diharapkan menjadi peluang untuk membangun bisnis melalui layanan mereka serta kemampuan untuk mempromosikan saluran tertentu dalam direktori untuk meningkatkan kesadaran akan berbagai topik.