Ada Game Popcorn di Google Doodle Hari Ini, Begini Cara Mainnya

pada 2 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id —Ada yang unik di Google Doodle edisi hari ini, Rabu, (25/09), Google tidak hanya menghadirkan animasi unik namun juga game sederhana yang bisa dimainkan saat membuka halaman utama pencarian.

Google edisi kali ini hadir untuk merayakan hari jadi rekor dunia mesin popcorn terbesar di dunia. Rekor dunia ini dipecahkan di Thailand pada tanggal 25 September 2020 silam. 

“Di hari ini pada tahun 2020, mesin popcorn terbesar dianugerahi rekor dunia di Thailand,” tulis Google dalam keterangannya.

Mesin besar ini terletak di taman bermain Carnival Magic di Phuket, Thailand. Mesin popcorn tersebut memiliki tinggi 7,89 meter, lebar 3,53 meter dan kedalaman 2,83 meter, serta dapat membuat empat rasa popcorn E.P.I.C. sekaligus (Keju Ekstrim, Cokelat Praline, Garam Pulau, dan Karamel Krim). 

Google juga membahas sekilas mengenai sejarah popcorn yang identik dengan bioskop dan camilan saat menonton pertunjukan termasuk film.

 

 

Popcorn sendiri sudah ada sejak awal abad ke-16. Di peradaban Mesoamerika, jagung merupakan tanaman yang tersebar secara luas, bahkan budaya mereka adalah menggunakan popcorn sebagai hiasan pakaian dalam upacara kebudayaan.

Di tahun 1800-an, popcorn kemudian menjadi makanan pokok dan menjadi makanan sarapan yang disajikan dengan susu. 90 tahun kemudian tepatnya di tahun 1890, mesin pembuat popcorn pertama kali ditemukan.

Dari situlah masyarakat mulai menikmati camilan ini di berbagai acara, baik itu di peternakan, pasar malam, hingga film. Bahkan, saat ini banyak ragam camilan popcorn di seluruh dunia dengan variasi rasa yang berbeda.

 

 

Beberapa diantaranya adalah pipoca dari Brasil, popcorn dengan taburan nori dari Jepang, popcorn Za'atar di Timur Tengah, popcorn maple di Kanada, dan masih banyak lagi.

Karena popcorn identik dengan hiburan, tak heran kalau Google saat ini membuat Google Doodle plus game sederhana di dalamnya. 

Cara main game ini mudah kok, tugas kalian hanya menghindari ‘peluru’ dari beberapa penyerang seperti Mentega, Merica dan lainnya.

Selanjutnya, kalian akan diberi 2 kali kesempatan, dan jika gagal, kalian akan berubah menjadi popcorn. Kalian akan dinyatakan menang apabila berhasil menjadisurvivorterakhir. 

Untuk mengakses game ini, kalian hanya perlu klik animasi yang ada di laman utama, lalu ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik ‘Lewati Tutorial’ untuk langsung masuk ke game 
  2. Ada dua opsi game yang bisa kalian pilih, bermain ‘Sendiri’ atau bermain secara kelompok ‘Skuad’
  3. Pilih jenis popcorn yang kalian inginkan, lalu klik ‘Siap’
  4. Tunggu beberapa saat dan mainkan game menggunakan tombol kursor di keyboard untuk mengarahkan Popcorn agar bisa menghindari serangan Mentega Dkk.
  5. Selesai! Jika kalian berhasil bertahan hingga akhir, maka kalian akan menjadi pemenangnya! 

Selamat mencoba!