Adidas Buat Sepatu dari Sampah Laut

pada 8 tahun lalu - by
| June 10, 2016 1:44 pm

Dalam rangka Hari Laut Dunia, Adidas dan Parley for the Oceans meluncurkan edisi terbatas sepatu lari ikonik yang dipersembahkan pada acara Parley Talks ‘Oceans. Climate. Life.’

Acara tersebut diselenggarakan oleh Presiden Majelis Umum di Perserikatan Bangsa-Bangsa, New York. Penduduk di seluruh dunia pun diberi kesempatan hingga akhir Juni 2016 untuk mengikuti kontes kreatif di Instagram agar bisa mendapatkan salah satu dari 50 pasang sepatu yang tersedia.

Zinedine Zidane yang mendukung gerakan ini mengatakan ini adalah kerja sama yang inspiratif antara Adidas dan Parley. Apa yang sedang dilakukan oleh Adidas dan Parley, dengan mengubah sampah menjadi sebuah sepatu lari, menunjukkan bahwa bahkan sampah yang merusak planet pun dapat digunakan untuk menciptakan sesuatu yang berguna.

Bagian atas dari sepatu ini terbuat dari bahan Parley Ocean Plastic, yang dikumpulkan dari daerah pesisir pantai Maldives, serta jaring bawah laut ilegal yang telah diambil kembali oleh Sea Shepherd, organisasi mitra dari Parley for the Oceans. Sepatu ini telah dibuat dengan menggunakan metode produksi paling inovatif Adidas yakni Adidas Tailored Fibre Technology, sebuah teknik manufaktur yang memungkinkan desain sepatu unik untuk disesuaikan dengan kebutuhan individu setiap atlet.

Sejak tanggal 8 Juni, pada Hari Laut Dunia, konsumen akan dapat memperoleh sepasang sepatu dengan mengikuti kontes Instagram. Peserta kontes akan diminta untuk membuat video dan menunjukkan bagaimana mereka berjanji untuk menghindari penggunaan tunggal barang-barang plastik dan mendukung program Parley’s Ocean Plastic. Kompetisi ini akan ditutup pada tanggal 30 Juni 2016.

Para calon peserta kontes di Indonesia dapat berpartisipasi dengan mengikuti @adidasindonesia di Instagram, membagi video kreatif kemudian mencolek @adidasindonesia dan @parley.tv mulai tanggal 8 Juni 2016 hingga 30 Juni 2016. Aturan lengkap serta informasi tentang kompetisi ini akan dijelaskan lebih lanjut pada saluran media sosial Adidas Indonesia

Adidas Group Executive Board Member yang bertanggung jawab untuk Global Brands, Eric Liedtke, menjelaskan sepatu lari Adidas x Parley ini telah menjadi sesuatu yang ikonik. “Ini adalah sebuah sepatu untuk para pengubah permainan. Kami tidak sabar untuk mendengar semua cerita mereka yang bangkit, mengusulkan solusi kreatif, mengambil tindakan dan ingin bergabung dalam perjalanan kami membersihkan samudra,” ujarnya dalam siaran pers yang diterimaRepublika.co.id, Jumat (10/6).

Dengan tujuan untuk mengembangkan dan mendukung teknologi baru untuk mendaur ulang sampah plastik laut, selama setahun terakhir adidas dan Parley for the Oceans telah mengupayakan untuk mengubah plastik laut menjadi serat benang teknis yang dapat digunakan untuk pembuatan produk olahraga. Sepatu ini adalah yang pertama dalam rangkaian produk yang sekarang mampu diproduksioleh adidas menggunakan Parley Ocean Plastic.

BERITA TERKAIT