Adu Gengsi 4 Smartphone Flagship di Uzone Choice Award 2023

pada 5 bulan lalu - by

Uzone.id -Uzone Choice Award2023 menjadi ajang adu gengsi dari beberapasmartphone flagshipyang resmi diluncurkan di Indonesia sepanjang tahun ini. Dari total 18 penghargaan yang dipersembahkan Uzone Indonesia, ada nominasi ‘Best Flagship Smartphone’ yang diperebutkan empat ponsel pintar paling canggih tahun ini.

Keempat ponsel tersebut adalahSamsung Galaxy S23 Ultra, ponsel lipatOppo Find N3,Asus Zenfone 10, daniPhone 15 Pro Max. Semua ponsel ini mengusung semua fitur dan spesifikasi tertinggi yang kebanyakan difavoritkan oleh paragadget enthusiastatautechjunkies.

Seperti desain premium denganbuild qualityjempolan, teknologi layar yangadvanced, prosesor kencang, sampai inovasi kamera yang berbeda dari lainnya. 

Seperti Samsung Galaxy S23 Ultra. Kesan premium langsung bisa dirasakan, lantaran Galaxy S23 Ultra dibangun menggunakan materialarmor aluminiumyang solid dan tahan banting. Belum lagi rating IP68 tahan air dan debu, memberikanworry freekepada pengguna saat memakai di skenario apapun.

 

 

Samsung Galaxy S23 Ultra juga sudah dilapisi Gorilla Glass Victus 2 pada bodi depan dan belakangnya, pertama di dunia bisa dibilang. Lapisan kaca ini diklaim tak akan bergeming walau jatuh dari ketinggian ke permukaan kasar, seperti beton misalnya.

Bicara spesifikasi, Samsung Galaxy S23 Ultra mengusung layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci dengan resolusi QHD+ dan menyuguhkanrefresh rateyang adaptif dari 1Hz sampai 120Hz. Intensitas cahayanya juga mencapai 1.750 nits, salah satu yang tertinggi saat ini.

Dapur pacunya juga spesial, Samsung menggandeng Qualcomm untuk menciptakan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy denganclock-speedyang lebih cepat. Dipadukan dengan RAM LPDDR5X hingga 12 GB dan penyimpanan UFS 4.0 dengan kapasitas sampai 1 TB.

Samsung Galaxy S23 Ultra juga jadi yang pertama di dunia dengan kamera utama bersensor 200 MP ISOCELL HP2. Kamera ini bisa merekam video Super HDR beresolusi 4K pada 60 FPS, memotret foto RAW beresolusi 50 MP, ataupun mengambil gambar beresolusi 200 MP.

Kemudian Oppo Find N3,smartphone foldablepertama dari Oppo di Indonesia.Smartphoneini diklaim mendefinisikan ulang ponsel lipat, dimana banyak inovasi yang ditaruh Oppo pada Find N3.

 

 

Dari desain saja, Oppo Find N3 menjadismartphone foldableyang tipis dan ringkas dengan bobot yang setara dengan beberapa ponselflagshipAndroid yang hanya mempunyai satu layar. 

Menariknya,form factorponsel ini dibikin seperti ponselcandybar, sehingga mudah dioperasikan dengan satu tangan ketika dilipat. Serta,user interface(UI) yang ditampilkan juga gak bikin penggunanya harus membiasakan diri kembali dengan format yang baru.

Engsel Oppo Find N3 juga jadi salah satu yang terkuat saat ini. Berbekal Flexion Hinge, engsel generasi ketiga yang terbuat dari logam cair berbahanzirconiumdanaircraft-grade steel, engsel ini bisa bertahan hingga 1 juta kali siklus buka-tutup.

Oppo Find N3 punya layar LTPO3 OLED seluas 6,31 inci di bagian luar, serta panel 7,82 inci yang ada di bagian dalam. Resolusinya tinggi, sudah mendukungrefresh rate120Hz, HDR10+, Dolby Vision, sampai intensitas cahaya yang menyentuh 2.800 nits.

Lipatan pada layar bagian dalamnya juga nyaris gak kelihatan, lebih landai dari kompetitor maupun generasi sebelumnya. Inovasi juga dihadirkan Oppo pada sektor audio, dimana Oppo Find N3 memiliki tiga speaker dengan teknologi Spatial Audio.

Ini yang menarik dari Oppo Find N3. Ponsel ini membawa konfigurasi kamera setara ponselflagshipberkat tiga kamera yang mendapatkantuningdari Hasselblad.

Kamera utamanya menggunakan sensor 52 MP Sony LYTIA-T808, dipadukan dengan kameraultrawide48 MP Sony IMX581, serta kameratelephoto periscope64 MP dengan sensor OmniVision OV64B yang bisa melakukan perbesaran gambar sampai 3 kali atau 6 kali menggunakanin-sensor zoom, serta 120xdigital-zoom.

Next, ada Asus Zenfone 10, ponselflagshippaling ringkas di antara semua nominator.Smartphoneini menyuguhkan performa gahar dalamform factoryang begitu ringkas. 

 

 

Dimensinya ringkas, sangat pas di genggaman. Bobotnya juga sangat ringan, tapi tetap memiliki rating IP68 tahan air dan debu.

Layarnya OLED seluas 5,9 inci dengan resolusi Full HD+,refresh rate144Hz, HDR10+, dan intensitas cahaya mencapai 1.100 nits. Sistem operasinya seperti Android murni, walau masih berbalut Zen UI khas Asus.

Bayangin, ponsel kecil tapi tenaganya besar. Asus Zenfone 10 ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2 yang menawarkan RAM sampai 16 GB berjenis LPDDR5X dan memori seluas 512 GB berjenis UFS 4.0. Baterainya juga terbilang jumbo, yakni 4.300 mAh dengan dukunganfast charging30W.

Sektor kamera dari Asus Zenfone 10 juga menarik.Smartphoneini mengusung dua kamera, dimana salah satunya adalah sensor 50 MP Sony IMX766 dengan stabilisasi ala aksesoris gimbal. Gimbal Stabilization 2.0 namanya, penstabil gambar berbasis software yang membuat fokus kamera utama lebih cepat dari biasanya.

Last but not least, iPhone 15 Pro Max. Cukup signifikan peningkatan yang diberikan Apple untuk ponselflagship-nya. 

 

 

Untuk pertama kalinya, Apple menggantikan port Lightning dengan USB-C di semua model, termasuk iPhone 15 Pro Max. Khusus untuk seri ini, port USB-C yang digunakan juga gak main-main, yakni USB 3.0 dengan kecepatan transfer data mencapai 10 Gbps.

Bodi iPhone 15 Pro Max juga dibuat dari bahan titanium grade 5 yang kokoh tapi lebih ringan. Penggunaan ini diprediksi langsung jadi tren, beberapa model ponsel Android di tahun depan kabarnya menggunakan material yang serupa.

Selain itu, iPhone 15 Pro Max juga ditenagai prosesor Apple A17 Pro, chipset 3nm pertama di dunia sekaligus salah satu yang terkencang sekarang ini. Dengan chipset ini, iPhone 15 Pro Max mampu menjalankan game konsol dengan lancar, dan Apple pun bekerja sama dengan beberapa studio game terkenal untuk menghadirkan game konsol ke ponselnya.

Terakhir, iPhone 15 Pro Max punya kamera dengan lensa periskop. Kamera utamanya menggunakan sensor 48 MP, dipadukan dengan kameratelephoto12 MP dengan 5xoptical-zoomberkat teknologitetra prism. Lalu ada kameraultrawide12 MP juga dengan dukunganautofocus

Kira-kira, siapa nih yang bakal merengkuh gelar ‘Best Flagship Smartphone’ di Uzone Choice Award 2023?