Ahmad Dhani Resmi Bersaing di Pilkada Bekasi

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi sudah menetapkan lima pasangan calon bupati dan wakil bupati Bekasi dalam Pilkada 2017, Senin (24/10). Salah satu calon yang resmi ikut dalam Pilkada yakni Ahmad Dhani. Ia menjadi wakil dari calon bupati Sa'dudin. Keduanya dicalonkan oleh PKS, Gerindra, dan Demokrat.

Dua pasangan lain yang diusung oleh parpol, yakni pejawat Neneng Hasanah Yasin-Eka Supria Atmaja (NENENG YES). Mereka diusung oleh Golkar, PAN, Nasdem, dan Hanura. Kemudian pasangan Meilina Kartika Kadir-Abdul Kholik (MENARIK) yang didukung oleh PDIP, PKB, PPP, dan PBB.

Adapun dua paslon jalur perseorangan yakni Obon Tabroni-Bambang Sumaryono (OBAMA) dan Iin Farihin-KH Mahmud (IMAM).

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kab Bekasi meminta seluruh paslon segera melaporkan daftar tim kampanye, akun media sosial, dan dana kampanye. Seluruh dokumen pencalonan lima kandidat bupati-wakil bupati telah dinyatakan memenuhi syarat dalam Rapat Pleno Terbuka di Aula KPU Kab Bekasi, Senin (24/10).

"Kelima bakal paslon telah kami tetapkan menjadi paslon peserta Pilkada Kab Bekasi 2017 karena mereka telah memenuhi persyaratan yang diatur dalam peraturan KPU No 1 Tahun 2015 dan No 9 Tahun 2016. Seluruh syarat calon dan persyaratan pencalonan sudah lengkap," kata Ketua KPU Kab Bekasi, Idham Kholik kepada Republika, Senin (24/10).

Idham membenarkan, ada beberapa catatan yang disampaikan oleh Panwaslu Kab Bekasi, namun catatan-catatan tersebut tidak mempengaruhi keabsahan calon. Seusai penetapan, masing-masing paslon diharapkan segera menyetorkan data petugas kampanye sampai ke tingkat desa, relawan, akun media sosial, dan besaran penggunaan biaya kampanye paling lambat 27 Oktober 2016 pukul 18.00 WIB.

Untuk Pilkada Kab Bekasi, kata Idham, besaran dana kampanye dibatasi maksimal Rp 25 miliar. Jumlah ini lebih kecil dibandingkan dengan usulan KPU Kab Bekasi yang mencapai Rp 57 miliar. Masa kampanye akan dimulai pada 28 Oktober 2016 sampai 11 Februari 2017 selama 107 hari ke depan. Lelang pengadaan logistik pilkada akan dimulai pada Desember 2016.

Hari ini, Selasa (25/10), selanjutnya akan dilakukan pengundian nomor urut pasangan calon di Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang pukul 09.00 WIB. Ketua KPU menyatakan, seluruh pasangan calon sudah mengonfirmasi bakal hadir.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kab Bekasi, Akbar Khadafi, menyampaikan sejumlah catatan dalam pembacaan dokumen paslon. Ia menggarisbawahi soal pelaporan petugas kampanye masing-masing paslon dan akun media sosial. Akbar meminta supaya seluruh paslon segera melaporkan data petugas kampanye sampai ke tingkat desa paling lambat pada 27 Oktober.