AI Studio dan Kumpulan Fitur AI di Oppo Reno12 dan Reno12 Pro 5G

pada 4 hari lalu - by

Uzone.id -Banyak fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dibawaOppo Reno12dan Reno12 Pro 5G. Fitur-fitur AI ini gak sebatas untuk editing maupun meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera keduanya, tapi juga bermanfaat untuk membantu pekerjaan sehari-hari pengguna, “menunjang produktivitas” bahasa kerennya.

“Kami ingin memberikan pengalaman teknologigenerative AIyang bisa dijangkau pengguna di Indonesia,” jelas Head of PR Oppo Indonesia, Arga Bima Jaksana Putra, dalam acarahands-onOppo Reno12 dan Reno 12 Pro di Jakarta, Rabu (17/7).

Oppo Reno12 dan Reno12 Pro punya fitur AI Eraser versi 2.0, yang disebut Arga lebih canggih dari generasi sebelumnya. Kini ada tiga opsi penghapusan objek yang tersedia, Smart Lasso, Paint Over, Remove People.

Untuk Remove People, alih-alih mengharuskan pengguna menghapus objek satu persatu secara manual, AI Eraser 2.0 dapat mendeteksi orang-orang yang dirasa mengganggu di latar belakang foto secara otomatis.

“Eraser 2.0 sudahimproveddari generasi sebelumnya. Di sebelumnya, ketika menghapus objek harus manual atau satu persatu, sekarang otomatis bisa dihapus,” jelas Arga.

Kemudian AI Clear Face dan AI Best Face. Kedua fitur ini berbasis AI-generated content (AIGC) yang fungsinya untuk menyempurnakan hasil foto, terutamagroup photo. AI Clear Face cocok digunakan padagroup photoyang hasilnya agak buram, lantaran bisa mempertajam detail pada wajah, termasuk kontur, rambut, dan alis pada foto yang berisikan maksimal 10 orang.

Sedangkan AI Best Face berfungsi untuk memperbaiki objek yang kurang pas saat diambil. Fitur ini akan secara otomatis memperbaiki mata yang berkedip dan membuka mata subjek yang sedang tertutup. Hanya saja, untuk saat ini AI Best Face belum tersedia, perlu pembaruan OS untuk menghadirkannya.

Yang menarik AI Studio. Ini berupa aplikasi bawaan yang bisa diakses gratis oleh pengguna Oppo Reno12 Series. Arga mengatakan, fitur memungkinkan pengguna membuat avatar 3D berdasarkan foto yang diambil sebelumnya.

“AI Studio ini bisa diakses gratis. Pengguna hanya perlu register akun Oppo, dan dapat 5.000 poin. Pergenerate, sekitar 10 poin saja. Dan pada 23 Juli, bisa dapat 10 poin dengancheck-in daily,” jelas Arga.

Masih soal kreativitas, ada juga Smart Matting. Pengguna bisa bikin stiker dari foto yang mereka ambil. Caranya, masuk Gallery, pilih foto, tekan dan tahan pada objek yang ingin dijadikan stiker. Tinggal Share saja ke aplikasichattingatau medsos yang diinginkan.

Nah, fitur AI berikutnya berkaitan dengan pekerjaan. AI Toolbox namanya, teknologi berbasis Google Gemini yang mampu mengenali apapun yang dilakukan pengguna, kemudian merekomendasikan fitur AI yang sesuai bagi mereka.

Ada tiga fitur, AI Writer, AI Summary, dan AI Speak. Berbekal teknologilarge language model(LLM), AI Writer mampu menulis kembali catatan yang dibuat pengguna, cocok digunakan saat ingin membuat caption atau mengirimkan email secara detail.

Lalu AI Summary yang dapat merangkum isi catatan maupun artikel yang dibaca pengguna secara online. Dan AI Speak, yang membacakan ulang tulisan yang disorot oleh pengguna. Hanya saja, saat ini baru tiga bahasa yang didukung AI Toolbox, yakni India, China, dan Inggris.

Arga memastikan, Oppo segera melakukan pembaruan agar AI pada Reno12 Series mendukung lebih banyak bahasa lagi, tak terkecuali Bahasa Indonesia.

Duo Oppo Reno12 dan Reno12 Pro sendiri dipastikan akan meluncur di Indonesia pada 31 Juli mendatang.