Akhir Tahun 2020, Peserta Pijar Mahir Tembus Lebih dari 774 Ribu Orang
Pijar Mahir (Foto: Dok Pijar Mahir)
Uzone.id - Kehadiran Pijar Mahir yang juga merupakan salah satu mitra digital platform resmi Program Kartu Prakerja mendapatkan sambutan dan animo yang sangat antusias. Ini terlihat dari jumlah peserta yang memanfaatkan pelatihan ini.
Tercatat sudah ada 774.128 peserta bergabung dengan platform Pijar Mahir. Bahkan 165.357 pengguna aktif sudah mengikuti program pelatihan yang ada.
Minat tinggi untuk mengikuti pelatihan di Pijar Mahir sejalan dengan jumlah mitra pelatihan di Pijar Mahir yang sudah mencapai 586 kursus dari 54 lembaga. Sehingga pilihan untuk mengasah skill pun semakin banyak.
Bila melihat lebih detail, secara demografi, pengguna Pijar Mahir ini didominasi oleh pria dengan persentase 51,6 persen, sementara sisanya 48,6 persen adalah wanita.
Di lihat dari kelompok umur, sebanyak 48,3 persen pengguna Pijar Mahir berasal dari usia 18 tahun sampai 24 tahun, sementara 32,8 persen merupakan kelompok usia 25 tahun sampai 34 tahun.
Warga Jawa Barat Kota Jakarta ternyata paling mendominasi hingga separuh dari pengguna Pijar Mahir. Setidaknya 30,81 persen peserta Pijar Mahir mengakses dari Ibukota.
Pelatihan Favorit
Dari 774.128 peserta yang mengikuti pelatihan di Pijar Mahir ternyata kategori Bisnis, Usaha dan Marketing paling banyak diminati oleh para pengguna platform ini.
Sebanyak 44,89 persen yang memanfaatkan Pijar Mahir untuk memahami marketing untuk bisnis kuliner, strategi pemasaran melalui Influencer dan Advokasi, cara berjualan dengan jaringan online dan offline, Memahami Manajemen Hukum Dalam Bisnis serta masih banyak lainnya.
Kreativitas dan pengembangan diri juga mendapatkan respon yang positif sebagai kategori pelatihan favorit di Pijar Mahir.
Keinginan untuk belajar desain grafis mulai dari awal, menjadi fotografer pemula, menggunakan Adobe Photoshop dan belajar menulis diminati setidaknya 16,46 persen peserta.
Pelatihan menggunakan aplikasi perkantoran dan belajar Bahasa Inggris juga menarik minat dengan tingkat presentase masing-masing 7,38 persen dan 7,36 persen.
Mendapatkan respons positif
Pelatihan yang diberikan oleh Pijar Mahir pun tak sekadar teori semata. Pembelajaran yang mudah dimengerti membuat para peserta pun dengan mudah mengimplementasikannya ke kehidupan sehari-hari.
“Manfaat mengikuti pelatihan Rahasia Memengaruhi Penjualan di Pijar Mahir membuat penjualan alat tulis saya berkembang,” ujar Anas, salah satu peserta di Pijar Mahir.
Di masa yang akan datang, Pijar Mahir akan terus menyediakan beragam kursus online komprehensif tersertifikasi yang mudah diakses, mulai dari teknologi, digital, marketing & bisnis, start up, wirausaha, bahasa, administrasi, dan sederet pelatihan pengembangan diri lainnya.
Sebagai salah satu produk edukasi berbasis teknologi dari Telkom Indonesia, Pijar Mahir diharapkan dapat mengatasi permasalahan skill gap, skill shortage, skill mismatch, dan job mismatch yang kerap dialami oleh industri dan talenta.