Alitt Susanto Ungkap 5 Kesalahan Umum Saat Bikin Konten di Medsos

pada 6 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id - Sebagai generasi kekinian, kamu tentu sering mengunggah foto atau video di media sosial. Sayangnya, tidak semua orang berusaha menciptakan konten dengan serius alias 'asal nemu' kalau kata Alitt Susanto dalam acaraUzone.id Hangout 'Be Creative with Your Smartphone' with Alitt Susanto, di Code Margonda, Depok, Rabu (1/8/2018).

"Ada orang boncengan difoto, padahal tidak semua hal bisa menjadi konten," ujar Alitt yang dikenal sebagai YouTuber,penulis,dan Selebgramitu.

Alitt juga kerap menemukan beberapa kelemahan yang sering dilakukan orang-orang saat menciptakan konten di media sosial. Apa saja kelemahan tersebut?

Pertama, konten tidak dipersiapkan. Kedua,footagealias materi mentah hasil rekaman langsung dari kamera membosankan.

Baca:Di Uzone Hangout, Alitt Susanto Tegaskan Jangan Harap Jadi Selebgram Kalau Begini

Ketiga, banyak orang tidak detail dalam menjelaskan sesuatu. Misalnya, kamu sebagaitravel bloggersedang jalan-jalan ke suatu tempat. Kamu tidak dapat memberikan fakta menarik.

Padahal, dengan mengungkapkan fakta menarik dalam konten,followersakan mendapatkan pengetahun baru dari konten kamu.

Keempat, beberapa orang menciptakan konten secara acak. Kelima, banyak orang tidak memiliki identitas yang unik. Maksudnya, mereka tidak tahu apa keunikan yang mereka miliki.

Padahal, setiapcontent creatorharus memiliki ciri khas.

"Kita tidak bisa membuat konten terbaik, karena itu relatif. Yang paling penting kita harus bikin sesuatu yang berbeda. Semakin unik, semakin gampang diingat orang," ujar Alitt dalam acara yang diselenggarakan olehUzone.idbekerjasama dengan Samsung itu.

Baca:Pantai Sorake di Nias Selatan dan Gulungan Ombak yang Sempurna

Jadi, itulah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan orang dalam menciptakan konten menarik di media sosial.

Kalau ingin menjadiselebgram, kamu perlu sebisa mungkin menghindari kesalahan tersebut. Kamu harus dapat menciptakanbrandingsaat bermain di media sosial.

"Bahasanya pencitraan. Ingat, reputasi tercipta karena repetisi. Kalian punya reputasi sebagai apa? Lakukan hal itu berulang kali," kata laki-laki yang juga merupakan penulis bukuShitlicious,Skirpshit, danRelationshititu.

Jadi, konsistensi juga penting. Bahkan, Alitt menyarankan untuk membuat jadwal mingguan tentang konten apa yang akan kamu unggah.

Kamu perlu mengunggah setidaknya dua konten dalam seminggu diInstagram. "Kalau kamu tidakuploaddalam waktu yang cukup lama, begituuploadtidak muncul difeed," ucap Alitt.