Ambisi Gila Elon Musk: Mau Pasang Chip di 1.000 Otak Manusia

pada 10 hari lalu - by

Uzone.id— Setelah berhasil memasang chip di satu pasien yang memiliki keterbatasan fisik, Elon Musk lewat project Neuralink memiliki ambisi besar untuk memasang chip di 1000 otak manusia.

Yap, Elon Musk menargetkan chip miliknya terpasang di 1000 orang manusia pada tahun 2026 mendatang, atau 2 tahun dari sekarang. Ambisi besar ini disampaikan Elon Musk usai siaran langsung pada 11 Juli 2024 kemarin.

“Lebih dari 1000 (pasien) bisa tercapai di tahun 2026,” kata Musk dalam cuitannya.

 

 

Saat ini, Neuralink sedang melanjutkan pemasangan chip pada pasien keduanya setelah melakukan beberapa perbaikan berdasarkan pasien pertama mereka.

Dalam siaran langsung yang digelar kurang lebih 30 menit di Beijing, Musk menguraikan tujuan masa depan Neuralink.

Teknologi Neuralink juga diharapkan bisa mengontrol anggota tubuh seperti kaki robot dengan pikiran mereka, melebihi kecepatan koneksi otak-anggota tubuh secara alami

.Musk membayangkan tujuan yang lebih besar lagi yaitu membangun hubungan simbiosis antara manusia dan kecerdasan buatan untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh AI terhadap peradaban manusia.

 

 

Dibalik masalah dan kontroversinya, pemasangan chip di otak manusia ini disebut telah mengubah hidup seseorang secara signifikan. Bagi Noland Arbaugh yang menjadi pasien pertama implan chip ini, ia mengaku akhirnya bisa menggunakan device bahkan bermain game hanya dengan menggunakan otaknya.

Akan tetapi, pada Mei 2024 lalu, chip di otak Arbaugh mengalami gangguan dimana kabelnya bergeser sehingga berpotensi menimbulkan masalah berlanjut.

Seorang eksekutif Neuralink baru-baru ini meyakinkan bahwa kondisi chip otak-komputer tersebut sekarang sudah "kurang lebih sangat stabil."