Android 15 Dikenalkan, Kapan Google Rilis Update-nya?

20 February 2024 - by

Uzone.id - Google telah merilis Android 15 Developer Preview, versi OS khusus bagi para developer. Biasanya setelah Developer Preview dirilis, Google akan mengumumkan peluncuran versi Beta dan kemudian versi Stable atau official. Pertanyaannya, kapan Android 15 akan dirilis?

Advertising
Advertising

Masih awal memang untuk menebak kapan penerus Android 14 ini akan digulirkan. Namun, Google sudah memberikan gambaran jadwal pengembangan OS ini sampai versi final dirilis ke masyarakat umum.

Android 15 Developer Preview terbagi menjadi dua versi, dimana versi pertama sudah dirilis dan versi berikutnya akan disebar sekitar bulan Maret 2024. 

Di rentang jadwal tersebut, para developer bisa memasang OS versi awal ini pada Google Pixel 6 ke atas, smartphone lipat Google Pixel Fold, dan Pixel Tablet.

 

Baca Juga :

Google Bard Bisa Bikin Gambar AI dari Teks, Simak Cara Buatnya
 

 

Bila tak menggunakan Pixel terbaru, Android 15 Developer Preview juga bisa dijajal menggunakan Android Emulator pada aplikasi Android Studio, demikian seperti dikutip dari Android Authority.

Masuk ke bulan April 2024, Google mulai menyebarkan Android 15 Public Beta yang pertama. Versi ini bisa dicoba langsung oleh pengguna umum, terutama para user Google Pixel Series.

Tapi, karena ini adalah versi Beta, pasti banyak bug atau masalah yang akan ditemui. Google sering menyarankan penggunanya untuk memasangnya pada ponsel yang bukan daily driver atau perangkat utama.

 

Baca Juga :

10+ Smartphone Android yang Bakal Rilis Bulan Ini, Banyak dari Xiaomi
 

 

Setelah merilis beberapa versi Public Beta, update Android 15 yang stabil pun benar-benar digulirkan. Dari timeline yang dibagikan Google, pembaruan tersebut bisa didownload setelah bulan Juli 2024.

Rumornya sih, Android 15 akan diluncurkan bersamaan dengan Google Pixel 9 Series pada Oktober 2024 mendatang, sama halnya saat Android 14 yang diperkenalkan dengan Google Pixel 8 Series.

Setelah Google Pixel Series kebagian update ini, barulah brand smartphone Android lain mengumumkan ketersediaan OS baru untuk perangkatnya. Siapa yang sudah nungguin Android 15 nih, Uzoners?