Android 15 Dikenalkan, Kapan Google Rilis Update-nya?

pada 2 bulan lalu - by

Uzone.id -Google telah merilis Android 15 Developer Preview, versi OS khusus bagi para developer. Biasanya setelah Developer Preview dirilis, Google akan mengumumkan peluncuran versi Beta dan kemudian versi Stable atauofficial. Pertanyaannya, kapanAndroid 15akan dirilis?

Masih awal memang untuk menebak kapan penerus Android 14 ini akan digulirkan. Namun, Google sudah memberikan gambaran jadwal pengembangan OS ini sampai versi final dirilis ke masyarakat umum.

Android 15 Developer Preview terbagi menjadi dua versi, dimana versi pertama sudah dirilis dan versi berikutnya akan disebar sekitar bulan Maret 2024. 

Di rentang jadwal tersebut, para developer bisa memasang OS versi awal ini pada Google Pixel 6 ke atas,smartphonelipat Google Pixel Fold, dan Pixel Tablet.

 

 

Bila tak menggunakan Pixel terbaru, Android 15 Developer Preview juga bisa dijajal menggunakan Android Emulator pada aplikasi Android Studio, demikian seperti dikutip dariAndroid Authority.

Masuk ke bulan April 2024, Google mulai menyebarkan Android 15 Public Beta yang pertama. Versi ini bisa dicoba langsung oleh pengguna umum, terutama parauserGoogle Pixel Series.

Tapi, karena ini adalah versi Beta, pasti banyakbugatau masalah yang akan ditemui.Googlesering menyarankan penggunanya untuk memasangnya pada ponsel yang bukandaily driveratau perangkat utama.

 

 

Setelah merilis beberapa versi Public Beta, update Android 15 yang stabil pun benar-benar digulirkan. Daritimelineyang dibagikan Google, pembaruan tersebut bisa didownload setelah bulan Juli 2024.

Rumornyasih, Android 15 akan diluncurkan bersamaan dengan Google Pixel 9 Series pada Oktober 2024 mendatang, sama halnya saat Android 14 yang diperkenalkan dengan Google Pixel 8 Series.

Setelah Google Pixel Series kebagian update ini, barulahbrandsmartphoneAndroid lain mengumumkan ketersediaan OS baru untuk perangkatnya. Siapa yang sudah nungguin Android 15 nih,Uzoners?