Android vs iOS, OS Mana yang Lebih Kuat di Pasar?

pada 7 tahun lalu - by


Pasar sistem operasi mobile mengerucut pada dua nama, Google Android dan Apple iOS. Tentu masing-masing punya pengguna setia. Namun, salah satunya mulai melemah, sementara satu lainnya semakin menggurita.

Android vs iOS, yang mana yang semakin kuat?

Menurut temuan terbaru dari lembaga riset Strategy Analytics, pangsa pasar ponsel pintar Android secara global mendekati 88 persen per triwulan III 2016, atau naik dari 84,1 persen pada periode yang sama tahun lalu.



Sementara Apple iOS justru kehilangan pangsa pasarnya, di mana kini turun ke 12,1 persen dari 13,6 persen pada triwulan III tahun lalu.

Jika hanya bicara perangkatnya, ponsel Android semakin dominan dengan pertumbuhan tahun-ke-tahun (YoY) 10,3 persen, sedangkan perangkat iOS tergelincir 5,2 peren.

"Android semakin dominan di segala lini dibandingkan iOS," kata Neil Mawston, direktur eksekutif Strategy Analytics, Kamis (3/11).

"Apple iOS terpukul oleh Android dan hanya mengantongi 12 persen pangsa pasar global, ini akibat kinerja iPhone yang loyo terutama di Tiongkok dan Afrika."

"BlackBerry dan Windows Phone semakin pudar dari pasar, dan tak lama lagi bisa punah, karena masing-masing telah mengubah strategi. Sementara Tizen dan beberapa platform baru masih merintis portofolio dan dukungan pengembang," pungkas Mawston.