Aneka Gapura Jamnas 2016

pada 8 tahun lalu - by

Dalam Jambore Nasional X 2016, terdapat banyak sekali kreasi gapura yang didirikan dan dibentuk oleh masing-masing kontingen Pramuka dari berbagai daerah.

Para Pramuka merancang sebuah gapura tenda pioneering model Setengah Bintang. Dinamakan setelah bintang karena bentuk pioneering gapura ini terinspirasi dari bintang segilima.

Penampakannya pun menyerupai separuh bagian atas dari bintang segilima. Model gapura ini juga dilengkapi dengan pagar di kedua sisi kiri dan kanan.

Untuk membuat gapura ini bisa mempergunakan bambu dengan ukuran-ukuran tertentu. Namun juga bisa mempergunakan "full tongkat pramuka" (gapura dibuat dari tongkat pramuka secara keseluruhan).

Bahkan untuk membuat pagar di kanan kiri gapura cukup dengan menggunakan tongkat pramuka yang berukuran 160 cm.

Gapura model setengah bintang ini telah penulis ujicobakan dan praktekkan saat adik-adik penggalang penulis mengikuti sebuah kegiatan perkemahan.

Jika menggunakan bambu dengan ukuran-ukuran tertentu yang telah disesuaikan, bambu dan tongkat pramuka yang dibutuhkan adalah

    • 3 batang tongkat pramuka (ukuran 160 cm)

 

    • 2 batang bambu berukuran panjang 2 meter

 

    • 1 batang bambu berukuran panjang 3 meter

 

    • 2 batang bambu berukuran panjang 4 meter



Untuk pembuatan pagar di kanan kiri gapura, membutuhkan 16 batang tongkat pramuka. Sedangkan jika gapura dibuat dari tongkat pramuka secara keseluruhan (full tongkat pramuka), bambu-bambu tersebut dapat diganti dengan tongkat pramuka yang disambung. Total tongkat pramuka yang dibutuhkan untuk gapura adalah 17 tongkat pramuka.

    • bambu berukuran panjang 2 meter diganti dengan dua tongkat pramuka yang disambung (2 batang = 4 tongkat pramuka)

 

    • bambu berukuran panjang 3 meter diganti dengan dua tongkat pramuka yang disambung (1 batang = 2 tongkat pramuka)

 

    • bambu berukuran panjang 4 meter diganti dengan tiga tongkat pramuka yang disambung ((2 batang = 8 tongkat pramuka)