Apa Saja Fitur Baru di Suzuki XL7 Hybrid? Ini Ulasan Lengkapnya!

pada 10 bulan lalu - by

Uzone.id-Suzuki belum lama ini meluncurkan versi penyegaran dari low SUV andalannya XL7. Selain sudah mendukung teknologi hybrid SHVS khas Suzuki, sejumlah fitur baru juga ditingkatkan pada model terbaru ini. Apa saja?

Sebagai SUV 7 penumpang yang ramah lingkungan dan dilengkapi dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), New XL7 Hybrid hadir dengan pembaruan pada sektor dapur pacunya.

Selain itu,tampilan eksterior yang dimiliki, kelengkapan interior, dan fitur keamanan yang dapat digunakan oleh pengendara agar penggunaan New XL7 Hybrid untuk mobilitas sehari-hari hingga hingga liburan dapat menunjang pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman aman.

 

 

1. Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS)

Teknologi SHVS yang disematkan pada New XL7 Hybrid ini berfungsi sebagai pelengkap dari mesin K15B yang telah terbukti efisien dan memiliki durabilitas yang baik.

Tujuan penyematan SHVS berfokus pada pengurangan emisi gas buang dan efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih baik sehingga mobil menjadi semakin ramah terhadap lingkungan.

Dua komponen penting dalam teknologi SHVS yaitu Integrated Starter Generator (ISG) yang berperan sebagai motor dan generator, serta Lithium-ion Battery sebagai penyimpan energi listrik - bersama lead-acid battery - untuk berbagai keperluan.

Peranan SHVS memungkinkan adanya 3 fungsi utama yang memberikan New XL7 Hybrid keuntungan, yaitu Acceleration Assist, Regenerative Braking dan Engine Auto Start-Stop.

Acceleration Assist dapat diberikan kepada mesin ketika pengendara berakselerasi dalam kondisi tertentu. Secara pintar, mobil akan mengidentifikasi adanya kebutuhan terhadap acceleration assist dengan memberikan energi listrik kepada ISG untuk menjalankan fungsi motor ke mesin agar putaran mesin menjadi lebih ringan mencapai keinginan pengendara

Regenerative Braking merupakan proses pemanfaatan energi yang terbuang ketika mobil mengalami deselerasi maupun pengereman sehingga dapat dikonversi menjadi energi listrik kembali untuk mengisi ulang daya pada Lithium-ion Battery maupun /ead-acid battery.

Proses konversi energi tersebut memanfaatkan fungsi generator pada ISG sehingga lebih efektif dalam pemanfaatan energi terbarukan Engine Auto Start-Stop berperan secara otomatis menghentikan operasi mesin saat kondisi tidak diperlukan selama perjalanan, misalnya seperti menunggu sesaat di lampu lalu lintas, atau berhenti di kemacetan.

Saat kondisi lalu lintas kembali berjalan normal, secara otomatis mesin akan hidup kembali untuk melanjutkan perjalanan.

Selagi mesin non-aktif, seluruh komponen elektrikal dan A/C pada mobil akan tetap berfungsi dengan baik, karena mendapatkan energi listrik dari Lithium-ion Battery maupun lead-acid battery. Fungsi ini membantu mengurangi emisi, mengefisienkan konsumsi bahan bakar, dan menurunkan kebisingan mesin.

2. New E-Mirror Touchscreen

Pembaruan pada E-Mirror yang digunakan dapat menambah manfaat bagi anda saa mengemudikan New XL7 Hybrid. Teknologi layar sentuh (touchscreen) menambah estetika tampilan.

Selain itu kualitas gambar High Definition memanjakan mata untuk melihat kondisi bagian belakang mobil secara lebih jelas, sehingga anda merasa lebih mudah melihat apa yang ada di belakang mobil serta lebih aman.

Daya simpan video yang lebih besar turut dapat dimanfaatkan untuk merekam pemandangan sepanjang perjalanan yang menakjubkan baik dari arah depan maupun belakang.

Layarnya pun dapat dikombinasikan untuk menampilkan pandangan kamera depan maupun belakang secara bersamaan.

3. New Cruise Control

Sistem cruise control memungkinkan Anda mempertahankan kecepatan secara stabil tanpa harus menginjak pedal akselerator. Tuas untuk mengoperasikan sistem cruise control terdapat di lingkar kemudi sebelah kanan.

Anda dapat menggunakan sistem cruise control mulai dari kecepatan minimum kendaraan 43 km/jam ke atas. Nikmati perjalanan anda dengan lebih mudah dan rileks melalui pemanfaatan cruise control di rute yang lurus dan panjang.

4. New Autolight with Guide Me Light Feature

Otomatisasi pada lampu utama New XL7 Hybrid memberikan kepraktisan bagi anda yang sering berkendara dalam kondisi gelap/hingga malam setiap hari.

Kita tidak perlu khawatir jika lupa menyalakan lampu mobil di tempat yang minim cahaya sehingga keamanan dan pandangan saat berkendara tetap jelas.

Fitur baru tersebut dipadukan dengan lampu pemandu yang memiliki dua fungsi, yaitu "to home" dan "to car", untuk meningkatkan visibilitas dalam kondisi kurang cahaya atau gelap saat anda tiba di lokasi tujuan.

Fungsi "to home" akan aktif setelah Anda meninggalkan mobil, dan "to car" akan aktif saat anda ingin kembali masuk ke dalam mobil.

Untuk mengatur fungsi dari fitur tersebut, dapat melakukan cara sebagai berikut:

  • Sebelum mematikan mesin, putar switch lampu ke posisi "AUTO"
  • Matikan mesin dengan menekan switch engine untuk mengubah mode ignition LOCK (OFF).
  • Tarik tuas kontrol lampu ke arah Anda sekali
  • Buka pintu sisi pengemudi untuk keluar dari mobil
  • Tutup pintu dan tekan tombol door lock pada remote untuk mengunci pintu
  • Secara otomatis lampu utama akan menyala selama beberapa detik
  • Saat anda kembali dan ingin masuk ke dalam mobil, tekan tombol door unlock pada remote.
  • Secara otomatis lampu utama juga akan menyala selama beberapa detik.

5. Mirroring your smartphone to 8 inch Head Unit

Sebagai perangkat penunjang hiburan bagi anda dan penumpang, Suzuki menyematkan Head unit berukuran 8 inch pada New XL7 Hybrid, dengan fitur yang fungsional yaïtu melakukan mirroring telepon genggam ke sistem audio dan video pada Head unit.

Dengan fungsi ini, anda maupun penumpang dapat melakukan banyak hal layaknya menggunakan smartphone seperti memutarkan lagu favorit, melihat peta, melakukan dan menerima panggilan, serta menggunakan aplikasi lainnya yang ada pada smartphone anda.

Untuk menggunakannya, anda hanya membutuhkan beberapa langkah seperti berikut:

  • Unduh dan instal aplikasi CarbitLink - Easy Connection pada smartphone dengan sistem operasi Android atau IOS
  • Aktifkan bluetooth dan mobile tethering pada smartphone
  • Hubungkan dengan Head unit melalui bluetooth dan mobile tethering
  • Layar smartphone anda siap melakukan miroring ke Head unit dan digunakan sesuai kebutuhan

 

 

6. Hill Hold Control

Sistem Hill Hold Control dirancang membantu Anda saat berhenti dan akan mulai berjalan di kontur jalan menanjak. Saat kendaraan Anda mulai bergerak di tanjakan sistem membantu mencegah kendaraan tidak bergerak mundur (sekitar 2 detik) saat Anda memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas.

Sistem hill hold control diaktifkan maksimal 2 detik jika kaki Anda dipindahkan dari pedal rem saat kondisi berikut terpenuhi, yakni tuas transmisi di gigi maju atau gigi mundur dan rem parkir non-aktif.

7. Ground Clearance

Suzuki menyematkan ground clearance setinggi 200 mm pada New XL7 Hybrid untuk memudahkan pengemudi agar terhindar dari potensi benturan karena batu, kerikil, ataupun jalanan yang tidak rata.

Ground clearance yang tinggi pada mobil SUV juga membantu mencegah air masuk ke dalam mesin ketika mobil melewati genangan air atau banjir, sekaligus memperkuat kesan gagah pada mobil.