Apa yang Terjadi Jika ECU Motor Terendam Air Banjir?

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.id- ECU alias Electronic Control Unit menjadi komponen yang paling penting dalam seepda motor injeksi. Komponen ini memiliki tugas untuk mengatur sistem pengapian pada mesin yang bekerja secara elektrik.

Karena ECU bekerja dengan dukungan kelistrikan dari aki, lantas bagaimana kondisinya jika motor terendam oleh banjir?

Rudy Setiawan selaku Mekanik dari Adi Motor di Palmerah Jakarta menyebutkan motor yang terendam banjir belum tentu merusak ECU.

Menurutnya kerusakan padaECUyang terendambanjirbisa terjadi karena adanya konslet pada sistem kelistrikan. Berdasarkan pengalamannya, konslet bisa terjadi karena terdapat kabel kelistrikan yang terkelupas.

"ECU belum tentu (rusak), kalau misalkan ada kabelnya yang konslet kena air, itu baru bisa merambat ke ECU. Misalkan ada kabel yang mengelupas, kegencet, atau digigit tikus, kalau kena air bisa kena ECU," ujar Rudy beberapa waktu lalu.

Rudy meyakini, jika kondisi motor masih dalam keadaan standar, maka tidak ada kabel yang terkelupas. Sehingga ECU akan aman dari kerusakan meskipun terendam banjir.

Akan tetapi, jika pemilik motor pernah melakukan modifikasi pada lampu dan sistem kelistrikan, disarankan untuk kembali mengeceknya. Mengingat jika ECU sudah rusak, maka tidak dapat diperbaiki dan pemilik motor harus membeli yang baru.

"Kalau masih standar enggak ada yang ngelupas, kena banjir harusnya aman. Kalau modifikasi lampu kan suka ada yang dikupas-kupas kabelnya, nah itu kalau salah nyambung, ECU-nya bisa kena," jelasnya.

"Kalau ECU sudah rusaak harus ganti sih, apalagi kalau konslet. Karena dia modelnya kelistrikan jadi kalau rusak enggak bisa dibenerin," ungkap Rudy.

Seperti yang sudah disebutkan, ECU memiliki peran yang cukup vital di motor injeksi. Bahkan ECU buatan aftermarket ataupun bawaan pabrik memiliki harga yang cukup mahal.

Sehingga pemilik motor harus mewaspadai dan mengetahui kondisi motornya jika sewaktu-waktu terjadi banjir. Terlebih bagi pemilik motor yang sudah memodifikasi kelistrikannya.