Apple Bikin Speaker HomePod Pesaing Google Home

pada 7 tahun lalu - by

Setelah kehadiran Google Home dan Amazon Alexa, perhatian industri teknologi turut diarahkan kepada sebuah perangkat yang akan menjadi pusat kendali rumah pintar.

Untuk menentukan teknologi siapa yang akan jadi pemenang, itu masih jauh dari prediksi. Tetapi sebelum teknologi ini merangkak lebih jauh, Apple memutuskan untuk segera masuk ke sana.

Perangkat yang digarap Apple itu adalah HomePod. Bentuknya silinder sepertispeaker, dan diklaim dirancang khusus untuk menemukan kembali musik di rumah Anda. Seperti yang dilakukan iPod ketika menemani perjalanan.

Secara teknis, HomePod memiliki tujuh buattweeter speakerdan enam rangkaian mikrofon untuk mengakses Siri. Ada pulasubwooferempat inci yang menghadap ke atas, dan dia menggunakan prosesor Apple A8.

HomePod jelas kompatibel dengan Apple Music dan secara nirkabel bisa mengakses seluruh koleksi lagu di Apple Music. Tetapi untuk urusan peranti keras, HomePod kompatibel dengan iPhone 5s ke atas.

Selain untuk mendengarkan musik, HomePod juga dikembangkan sebagai asisten pribadi di rumah. Dia dapat memberi informasi atau melakukan konversi informasi atas berita, cuaca, lalu lintas, pengingat, timer, informasi olahraga, dan banyak lain.

[Baca juga: Apple Umumkan iOS 11, Berikut Daftar Fitur Barunya]

Tidak berhenti sampai di situ. Dalam sebuah konferensi teknologi WWDC 2017 di California, Senin (5/6), Apple berkata HomePod bisa membantu pengguna dalam mengirim iMessage, mengendalikan perangkat dalam HomeKit.


Soal informasi atau suara yang didengar oleh mikrofon, diklaim Apple tidak akan dikirim keserverApple karena perusahaan menghargai privasi pengguna.

Satu-satunya cara untuk mengaktifkannya, melakukan pengiriman informasi ke server Apple, dan menjalankan perintah, seorang pengguna harus membangunkan perangkat ini dengan menyebut, "Hey Siri."

Menurut rencana, HomePod akan tersedia di pasar dalam pilihan warna putih danpace grey. Jika tertarik dengannya, kamu bisa menebus dengan biaya 349 dolar AS pada Desember mendatang, tetapi saat ini baru khusus untuk pasar AS, Inggris, dan Australia.

[Baca juga: iMac Pro, Komputer Terkuat Apple Layar 5K dan Prosesor 18 Core]