Apple Didik Coding Sejak Kecil

pada 8 tahun lalu - by


Ada banyak cara yang dilakukan perusahaan teknologi komputer untuk mengajarkancodingsejak dini. Beberapa perusahaan sepertiGoogle,Microsoft, Minecraft, bahkan perusahaan gim pembelifranchiseStar Wars sudah melakukan hal tersebut.

Apple Corporation seolah tak ingin ketinggalan. Perusahaan komputer serta teknologimobiletersebut mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa mengajarkancodingpada anak.

Dilansir melalui situsEngadgetSelasa (13/9) Apple mempunyai aplikasiSwift Playgroundyang bisa dimainkan pada perangkat iPad.Softwaretersebut juga bisa diakses melalui platform iOS, OS X, WatchOS, tvOS, dan Linux.

Namun mulai 13 September perangkat iOS 10 sudah dapat mengaksesnya. Dalamsoftwareitu anak belajar membuat sebuah program berdasarkan panduan. Kemudiancodebisa dimasukkan melalui SwiftBoxyang tersedia.

Cara aplikasi tersebut bekerja memangeasy useuntuk anak-anak. Terutama dalam mempelajari programming. Anak-anak memiliki pengetahuan nol terhadapcoding.Namunswift codebisa membuat program yang mereka buat tampak nyata.

Meski bahasacodingsudah terbentuk olehswift box, aplikasi juga bersifatopen ended.Codingtetap bisa dimasukkan secara manual. Hal tersebut membuat anak semakin antusias melakukancoding. Anak bisa mengetahui kualitascodingyang ia buat, tapi di sisi lain juga bisa menggunakancodingyang sudah terbentuk.

Apple sudah mendistribusikan aplikasi ke lebih dari 100 sekolah di Amerika Serikat (AS), Eropa, dan Afrika. Rencananya Apple akan mengemasnya dalam bentukworkshop'Get Started With Coding'.

Workshoptersebut akan diberikan sebuah areaplayground.Workshop akan berlangsung di beberapa toko-toko terpilih di AS, Canada, Inggris, Australia, Uni Emirates Arab, Belanda, dan Hong Kong.

Berita Terkait



Berita Lainnya