Apple TV+ Gagal Sabet Piala Oscar 2024, Netflix Menang Berapa?

pada 2 bulan lalu - by

Uzone.id– Malam puncak anugerah film Amerika Serikat, Academy Awards ke-96 telah berakhir. Ajang penyerahan piala Oscar kepada para sineas dan aktor-aktris terbaik untuk karya keluaran tahun 2023 ini cukup bikin gigit jari bagi para penyedia layanan streaming film yang menjagokan film-film orisinalnya di sejumlah kategori.

Platform streaming Netflix hanya membawa pulang satu piala Oscar berkat kemenangan film pendek ‘The Wonderful Story of Henry Sugar’ gubahan sutradara Wes Anderson. Film ini adalah hasil adaptasi dari karya novelis Roald Dahl dengan durasi 40 menit. Wes Anderson sendiri tidak hadir untuk menerima piala Oscar secara langsung.

Sementara secara total, Netflix mengantongi total 19 nominasi Oscar tahun ini, dengan nominasi terbanyak berasal dari film ‘Maestro’ yang menceritakan tentang biopik komposer Leonard Bernstein. ‘Maestro’ diganjar 7 nominasi Oscar, namun tidak menang apapun.

Sisanya nominasi Oscar yang diterima Netflix berasal dari ‘Nyad’, ‘Society of the Snow’, ‘Rustin’, ‘Nimona’, ‘El Conde’, ‘American Symphony’, ‘The After’, dan ‘May December’ dengan kategori nominasi yang beragam.

 

 

Paling miris adalah Apple TV+ yang pulang dengan tangan kosong. Film orisinal produksi Apple TV+ berjudul 'Killers of the Flower Moon' karya Martin Scorsese dinilai mendapat dukungan penuh dari para Suku Indian di Amerika. Film berdurasi 3,5 jam ini diganjar 10 nominasi Oscar.

Film yang diadaptasi dari novel nonfiksi karya David Grann berjudul sama itu dibintangi oleh aktris Lily Gladstone yang memang keturunan Indian berdarah Blackfeet – salah satu suku asli Amerika, Leonardo DiCaprio, dan Robert De Niro.

Selama musim penghargaan perfilman sejak awal 2024, Gladstone beberapa kali mencetak sejarah sebagai aktris keturunan Indian pertama yang memenangkan Golden Globe dan piala SAG Awards.

Sayangnya ia gagal memenangkan kategori ‘Aktris Pemeran Utama Terbaik’ di Academy Awards tahun ini. Kendati begitu, ia sudah mengukir sejarah sebagai aktris keturunan Indian pertama yang mendapat nominasi Oscar.

Selebihnya, nominasi lain yang dikantongi Apple TV+ berasal dari film ‘Napoleon’ sejumlah tiga nominasi. Jadi, secara total Apple TV+ diganjar 13 nominasi Oscar.

 

 

Seperti diketahui, Apple diperkirakan menggelontorkan USD215 juta atau setara Rp3,3 triliun untuk memproduksi ‘Killers of the Flower Moon’. 

Sedangkan untuk ‘Napoleon’ Apple mengeluarkan bujet USD200 juta atau sekitar Rp3,1 triliun dengan peran utama dibintangi oleh Joaquin Phoenix bersama Vanessa Kirby.

Sejauh ini pencapaian tertinggi Apple TV+ di ajang Oscar masih ditempati oleh ‘CODA’ yang memenangkan kategori ‘Film Terbaik’ di tahun 2022. Film ‘CODA’ juga mencetak sejarah sebagai film original dari platform streaming pertama yang memenangkan kategori tersebut di Academy Awards.