Asus ROG Phone 8 Mejeng di CES 2024, Segera Meluncur di Indonesia

10 January 2024 - by

Uzone.id - Consumer Electronics Show atau CES 2024 menjadi panggung peluncuran smartphone gaming terbaru, Asus ROG Phone 8 secara global. Ada tiga model yang dibawa Asus ke pasaran, ROG Phone 8, ROG Phone 8 Pro, dan ROG Phone 8 Pro Edition, dimana ketiganya disokong spesifikasi ‘rata kanan’.

Advertising
Advertising

Ketiganya sama-sama ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 3. Perbedaan signifikan pada seluruh model terletak pada besaran memori dan desain bodi belakangnya.

Asus benar-benar merombak desain dari ROG Phone 8 Series. Dibandingkan seri sebelumnya, ponsel ini lebih ringkas dengan ketebalan cuma 8,9 mm dengan berat 225 gram.

Namun, bodi yang lebih langsing membuat ROG Phone 8 mendapatkan baterai dengan kapasitas lebih kecil. Jika ROG Phone 7 ditopang baterai 6.000 mAh, sekarang smartphone gaming terbaru Asus ini cuma mengusung baterai 5.500 mAh yang didukung fast charging 65W dan wireless charging 15W.

 

Baca Juga :

Review Asus ROG Phone 7: Gaming Optimal, Desain Standar, Kamera Payah
 

 

Akhirnya, setelah 7 seri mengadopsi desain layar yang selalu sama, Asus menerapkan desain yang berbeda pada ROG Phone 8 Series. Kini, smartphone gaming tersebut menampilkan layar bezel-less dengan punch hole yang menjadi tempat buat kamera selfie.

Kalau gamer tak suka dengan tampilan baru ini, Asus tetap menyediakan fitur untuk menyamarkan lubang kamera ini dengan menghadirkan bar hitam tipis di bagian atas layar.

Menggunakan panel LTPO OLED yang baru, Asus ROG Phone 8 juga mendukung refresh rate 165Hz dengan intensitas cahaya maksimal mencapai 2.500 nits. 

Untuk kali pertama pula, ROG Phone 8 menjadi smartphone gaming Asus yang mengantongi rating IP68 tahan air dan debu. Jauh lebih baik dari seri terdahulu yang cuma IP54 tahan percikan air saja.

 

Baca Juga :

Review Nubia Redmagic 8S Pro: Kinerja Impresif Buat si Gamer Hardcore
 

 

Beralih ke bagian dapur pacu, Asus ROG Phone 8 Series ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 3 yang dipadukan dengan RAM LPDDR5X mulai dari 12 GB, 16 GB, dan 24 GB, serta memori penyimpanan dari 256 GB, 512 GB, sampai 1 TB (tergantung varian).

Untuk ‘menjinakkan’ daya gedornya, Asus menghadirkan sistem pendingin konduksi yang menggunakan boron nitrida dan tembaga untuk mengekstrak hawa panas dari prosesor, kemudian membuangnya melalui penampang belakang smartphone.

Sistem pendingin ini diklaim lebih efektif menjaga agar ponsel tidak overheat. Juga, untuk mengakali agar ponsel ini dapat mengantongi rating IP68, dimana seri sebelumnya (ROG Phone 7 Pro) mengusung portal AeroActive Cooler berbasis pendinginan konvektif.

Dengan pendekatan sistem pendingin yang baru, Asus juga mengenalkan versi baru AeroActive Cooler yang dapat ditempelkan di bagian belakang ponsel. Katanya, aksesori ini bisa mengurangi hawa panas di bodi belakang sampai 26 derajat Celcius.

Pada bagian kamera, Asus ROG Phone 8 punya komposisi kamera yang jauh lebih mentereng dari sebelumnya. Ponsel ini punya kamera utama dengan sensor 50 MP Sony IMX890 dengan teknologi 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 dan Super HyperSteady Video, memungkinkan gamer untuk ngonten kapan saja.

Disandingkan dengan kamera ultrawide 13 MP, serta kamera telephoto 32 MP yang didukung oleh optical image stabilization (OIS). Kamera tele ini diklaim dapat menangkap gambar dengan detail yang tinggi walau sudah diperbesar sebanyak 3 kali.

Terdapat juga fitur 10x Hyper Clarity berbasis artificial intelligence (AI) dan 30x digital-zoom. Sedangkan di depan, terdapat kamera selfie 32 MP.

Fitur AI untuk maksimalkan experience gaming

Namanya juga HP gaming, otomatis Asus memaksimalkan fitur yang bikin gamer makin betah bermain game di Asus ROG Phone 8. Beberapa fitur baru pun dihadirkan, semuanya berbasis AI, seperti Auto Pick Up.

 

Fitur ini memungkinkan karakter pada game (terutama pada

 

Baca Juga :

FOTO: Menggenggam Galaxy A25 5G, Ponsel Pertama Samsung di 2024
 

 

) untuk mengambil item yang drop dari monster. Kemudian Fast Forward, Running Lock, Auto press-to-escape, sampai AI Grabber untuk membantu gamer menyelesaikan game teka-teki.

Asus ROG Phone 8 tersedia dalam opsi warna Phantom Black dan Rebel Grey. Model standar ini punya logo ROG dengan backlit RGB. Sementara ROG Phone 8 Pro dan Pro Edition, cuma tersedia dalam warna Phantom Black, dimana logo ROG ditampilkan pada dot-matrix LED.

Asus ROG Phone 8 Series sudah bisa dipesan di Eropa, sementara di Amerika Serikat (AS) akan tersedia pada Q1-2024 mendatang. Asus ROG Phone 8 juga dipastikan hadir di Indonesia.

Untuk harga, Asus ROG Phone 8 dibanderol USD1.099 atau setara dengan harga Rp17 jutaan, kemudian Asus ROG Phone 8 Pro dijual USD1.199 atau setara Rp18,6 jutaan, sedangkan ROG Phone 8 Pro Edition dijual USD1.499 atau Rp23 jutaan.