Atap Tanpa Sunroof Bikin Kekedapan Kabin XFORCE Lebih Senyap?

pada 5 bulan lalu - by

Uzone.id-Pasti banyak dari kalian yang bertanya-tanya soal strategi Mitsubishi untuk SUV kompak terbarunya yang dianggap kalah telak dari sisi fitur.

Seperti misalnya, kenapa kok tidak pakai sunroof, yang biasanya jadi ‘gimmick’ sebagai penandaSUV kompakyang mewah.

Namun hal itu dibantah langsung oleh Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Atsushi Kurita saat sesi test driveXFORCEdi Semarang pada Kamis (7/12/2023).

"Banyak yang bertanya soal tidak adanya sunroof di XFORCE. Justru ini jadi salah satu kelebihan yang ada. Mengingat penempatan peredam suara di bagian atap bisa dilakukan. Sehingga kekedapan kabin lebih baik dari pada mobil ini dipasang sunroof. Tapi bukan karena tidak bisa menempatkan sunroof di situ, namun lebih kepada penyesuaian akustik kabin untuk audio yang lebih sempurna," klaim Kurita.

Walaupun sebenarnya ketika mengendarai di jalan, suara raungan mesin masih tetap terdengar apalagi ketika jalanan menanjak. Namun, kami belum merasakan ketika sedang hujan, sehingga peredaman kabin khususnya di bagian atap bisa dirasakan.

Ia juga menegaskan bahwa mengenaisunroofatau panoramic roof, sebenarnya bisa saja dipasang. Di Jepang mereka punya Outlander Sport yang punya komponen itu. Secara teknikal tak ada kesulitan.

"Kami punya mobil yang sudah dilengkapi dengan panoramic roof dan konsumsi bahan bakarnya sedikit terpengaruh karena penggunaan panoramic roof.  Itu alasan kami akhirnya tidak menggunakan panoramic roof,” paparnya.

Dirinya menambahkan, pihaknya sekarang mencoba melakukan studi, dan jika memang diperlukan ke depannya bisa saja memasangpanoramic roof.

“Selain itu kami juga perlu mempelajari apakah Yamaha audio akan terpengaruh oleh kondisi pemasangan panoramic roof." tambahnya.

Kemudian hal lain yang jadi penyebab mereka tidak menempatkan sunroof atau panoramic roof adalah head clearance di kabin mobil. Menurutnya kalau adapanoramic roofmaka ruangan kepala di mobil akan jadi berkurang karena jadi lebih pendek.