Aturan Baru MotoGP Tahun 2027: Jadi 850 cc!

pada 8 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id - MotoGP akan menjalani aturan baru untuk musim balap tahun 2027 mendatang. Aturan baru ini dibuat agar olahraga balap motor kelas tertinggi ini menjadi lebih aman, bahkan lebih menarik lagi untuk ditonton.

DikutipUzone.iddariCrash, salah satu ubahan aturan yang paling menonjol dariMotoGP2027 nanti adalah penurunan kapasitasmesinmotor dari sekarang 1.000 cc, menjadi 850 cc. Mesin-mesin ini dianggap akan lebih relevan di lintasan, lebih efisien, mendukung keberlanjutan global, dirancang untuk balapan yang lebih baik, dan lebih banyak lagi menyalip.

Berikut aturan jelasMotoGP 2027:

  • Mesin

Mesin 850 cc akan menurunkan kecepatan tertinggi sehingga balapan lebih aman dan meningkatkan jarak tempuh. Hal ini dianggap lebih efisien dan berkelanjutan.

MotoGP juga mengatur ukuran piston maksimal yang sebelumnya 81 milimeter menjadi 75 milimeter, untuk membatasi performa. Hal ini membuat mesin lebih relevan sekaligus tetap mempertahankan karakteristik MotoGP.

Jumlah mesin juga dikurangi agar lebih efisien setiap musimnya. Jika sebelumnya bisa menggunakan tujuh mesin, di aturan musim 2027 nanti hanya terdapat enam mesin yang tersedia sepanjang musim.

 

 

  • Bahan Bakar

Seperti yang telah diumumkan, MotoGP akan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan 100 persen di 2027 nanti. Angka ini meningkat dari jumlah minimum 40 persen ramah lingkungan yang mulai diberlakukan tahun ini.

Tak cuma bahan bakar ramah lingkungan saja, tetapi kapasitas tangki bahan bakar juga dikurangi dari 22 liter menjadi 20 liter. Sementara untuk ajang Sprint, pembalap hanya boleh menggunakan 11 liter saja.

  • Aerodinamika

Perangkat aerodinamika juga akan diregulasi untuk dikontrol secara lebih ketat lagi, bahkan dikurangi jumlahnya mulai musim 2027. Tujuan atas regulasi ini adalah untuk meminimalkan dampak negatifnya.

Lebar bagian atas fairing akan lebih sempit 50 mm dan hidung fairing akan lebih mundur ke belakang 50 mm. Aturan ini akan mengurangi efek aero di area yang penting, di jalan lurus, dan area pengereman.

Dengan minimnya perangkat aerodinamika, maka diharapkan dapat menciptakan balapan yang lebih ketat dan banyak aksi menyalip.

Sementara aerodinamika di bagian belakang motor akan menjadi bagian dari homologasi tahun 2027. Setiap tim balap hanya diperbolehkan memperbaruinya setiap satu kali per musim untuk mengendalikan biaya.

 

 

  • Ride-Height Device dan Hole-Shot

MotoGP 2027 nanti akan melarang penggunaan ride-height device dan hole-shot. Dengan dilarangnya perangkat tersebut, diyakini dapat mengontrol performa dan membuat olahraga lebih aman, terutama ketika start dimulai.

Hilangnya dua perangkat tersebut juga akan membuat skill pembalap menjadi semakin penting dari saat ini. Sama seperti aero yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyalip.

  • Data GPS

Penyelenggara MotoGP menginginkan di tahun 2027 setiap pembalap untuk membagikan data GPS mereka dari setiap sesi. Dengan demikian, kompetitor memiliki peluang kemajuan yang lebih baik lagi dan pembalap yang memiliki performa kurang bagus akan memiliki biaya yang lebih terkendali.

Akses terhadap berbagai data ini juga membantu olahraga balap paling bergengsi di dunia ini menjadi lebih aman. Di sisi lain juga dapat meningkatkan tingkat wawasan yang tersedia bagi para penggemar di seluruh dunia.

 

 

  • Konsesi

Sistem konsesi yang diterapkan saat ini, akan terus berlanjut seiring dengan berlakunya peraturan teknis baru pada tahun 2027. Menariknya, saat musim 2027 dimulai, semua tim akan memulai konsesi di peringkat B.

Kemudian setiap masing-masing tim akan dinilai kembali pada pertengahan musim 2027. Penilaian ini memungkinkan mengubah peringkat konsesi antara turun atau naik.

Sistem reaktif ini berarti kinerja produsen diperhitungkan sejak Hari ke-1, sehingga menjaga persaingan sedekat mungkin pada era baru nanti.