Awal Ramadan, Gamis Hingga Baju Koko Paling Diburu di Tokopedia

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id— Ramadan memang selalu identik dengan pakaian-pakaian muslim seperti gamis, kaftan hingga baju koko. Tak heran kalau ketiga produk fashion ini banyak dicari di e-commerce, salah satunya di Tokopedia.

Dalam laporan yang dibagikan oleh Aldhy Darmayo, Category Development Senior Lead Tokopedia, Jumat, (31/03), selama awal Ramadan 2023 ini, kategorifashion(termasukfashionMuslim) menjadi salah satu kategori produk yang paling banyak dicari dan memiliki jumlah transaksi tertinggi.

“Berbagai produkfashionmuslim mengalami peningkatan transaksi yang signifikan di Tokopedia. Blus muslim meningkat 2x lipat, gamis dan kaftan masing-masing 2,5x lipat, baju koko 3,5x lipat dan baju muslim keluarga 4x lipat,” tambah Aldhy.

Menurutnya, hal ini didukung oleh adanya inisiatifHyperlocal, seperti dilayani Tokopedia dan berbagai kampanye yang dihadirkan. 

Tren positif ini juga tercatat dalam laporan dari Data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menjelaskan kalau konsumsi pakaian melonjak tajam pada kuartal-kuartal berlangsungnya Ramadan.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat sekaligus untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan, Tokopedia kembali menghadirkan kampanye Ramadan in Style hingga 18 April 2023. Kampanye ini menggaet para pelaku usaha lokal fashion muslim dan hadir sebagai panggung bagi pengusaha lokal seperti Ria Miranda, Fatih Indonesia, ZM Zaskia Mecca untuk memaksimalkan penjualan mereka di Ramadan ini.

Selain memberikan banyak pilihan produk baju muslim, kampanye Ramadan in Style ini juga menawarkan diskon hingga 99 persen,flash salemulai dari Rp1000, dancashbacksampai Rp300 ribu.

Tak hanya itu saja, Tokopedia Ramadan in Style juga bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk mengajak masyarakat berdonasi paket makanan untuk dhuafa, anak yatim dan piatu.

Di tahun 2022 lalu, Tokopedia juga mencatat tren yang sama dimana kategorifashion, termasukfashionmuslim menjadi salah satu yang paling tertinggi penjualannya.

Catatan ini juga sejalan dengan laporan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dimana kinerja industri Tekstil dan Pengolahan Tekstil (TPT) pada 2022 menunjukkan hasil yang baik.

Sementara itu, pelaku usaha seperti Ria Miranda, Fatih Indonesia, ZM Zaskia Mecca mencatatkan tren positif selama bergabung dengan platform online, khususnya Tokopedia.

Brand Ria Miranda mengaku kalau penjualan produknya di Tokopedia pada awal tahun 2023 ini meningkat sekitar 127 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2022.

Fatih Indonesia mengungkapkan kalau hampir 40 persen penjualan Fatih Indonesia berasal dari Tokopedia. Sementara itu brand ZM Zaskia Mecca juga menjelaskan bahwa mereka mendapat ribuan pesanan dan omzet miliaran saat Ramadan lewat Tokopedia.