Awas, Aktivitas Ini Bisa Bikin Pom Bensin Meledak !

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id—Mobil dan motor memerlukan bahan bakar untuk menggerakkan mesin. Saat bahan bakar habis, biasanya kita mengisinya di Pom Bensin. Namun, tahukah kamu ada kegiatan terlarang yang sebaiknya tidak dilakukan di Pom Bensin, seperti dikutip Uzone.id dari Verizon. Sebab, amat berbahaya karena dapat mengakibatkan ledakan kebakaran.

1. Jangan Menelpon di Area Pengisian Bensin.

Hentikan kegiatan menelpon saat mengisi bensin. Menelpon atau menerima telepon melalui smartphone atau ponsel saat mengisi bensin, berisiko. Karena tanpa disadari, bisa saja baterai telepon dalam kondisi panas menimbulkan loncatan arus listrik statis. Padahal, di sekitar pengisian bahan bakar, banyak uap BBM yang sedang diisi ke kendaaran.

2. Perhatikan Starter Kendaraan Modifikasi

Apabila motor kamu sudah dimodifikasi, misalnya knalpot non standar atau mesin modifikasi yang berpotensi memercikan api, sebaiknya dorong jauh dari tempat pengisian BBM. Percikan api dapat berakibat ledakan hebat. Engga enak kan, kendaraan kamu ikut meledak.

3. Matikan Mesin Saat Pengisian

Sudah ada larangan untuk mematikan mesin saat mengisi bensin. Namun masih saja ada pengendara yang membandel. Musibah kebakaran di kendaraan dapat terjadi karena panasnya mesin yang menyambar uang bensin. Kamu bisa meledak di dalam mobil.

4. Jangan Menyalakan Rokok dan Vape

Pasti kamu akan dilarang petugas SPBU untuk menyalakan korek api gas atau listrik saat berada di area SPBU. Begitupun rokok elektrik, vape ataupun lampu karena panas yang dihasilkan dapat menyulut uap BBM.

5. Turunkan Kecepatan Masuk di Pom Bensin

Seringkali kita melihat pengendara yang terburu-buru masuk ke area SPBU, bahkan masih dengan kecepatan tinggi. Tindakan ini berbahaya karena  dapat menyebabkan gesekan terhadap body motor atau mobil yang menimbulkan percikan api yang menyulut uap BBM.