Awas! Malware Ini Disebar via Messenger dan Skype

pada 5 tahun lalu - by

Para peneliti keamanan dari Avast telah menemukan malwarebaru bernama Rietspoof. MalwareRietspoofdiketahui telah disebarkan melalui dua aplikasi media sosial populer, sepertiFacebook MessengerdanSkype.

Menurut ZDNet, seperti dikutip Telset.idpada Selasa (19/02/2019), penelitian ini diungkapkan dalam sebuah laporan yang dirilis minggu lalu. Pada laporan, Avast menyebutkan bahwa ancaman ini merupakan “malware multilevel“.

MalwareRietspoof pertama kali ditemukan pada Agustus 2018, namun diacuhkan. Belakangan,malwareitu kembali menarik perhatian karena aktif menyebarkan diri dalam satu bulan terakhir.

{Baca juga: Hati-hati! Malware Ini Menyamar jadi Aplikasi VPN Palsu}

Tujuan utama malwaretersebut adalah untuk menginfeksi perangkat korban, kemudian berubah menjadi persistent malware, dan mengunduh berbagai malwarelainnya ke perangkat kotban. Malwareini diperintah melalui server utama dari sang hacker.

Avast menjelaskan, Rietspoof dapat memasukkan fileLNK ke folder Windows/Startup. Malwareini pun dapat “menipu” antivirus, berkat dukungan yang memungkinkannya mengubah filedalam foldertanpa terdeteksi antivirus.

Ada empat level infeksi malwareitu. Tiga level awal, merupakan proses penginfeksian perangkat korban. Sedangkan level terakhir, merupakan proses pengunduhanmalwarelain yang lebih berbahaya.

{Baca juga: Awas! Jangan Asal Download Gambar PNG di Android}

Karenanya, Rietspoof pun dikategorikan sebagai malware downloader. Itu karena, malwaretersebut dirancang untuk menginfeksi perangkat dengan malwarelain yang lebih berbahaya.

Avast menyebutkan, sejak mereka mulai meneliti ancaman ini,malware telah mengubah protokol komunikasi pada server utamanya. Selain itu,malwaretersebut juga telah dimodifikasi, yang membuat para peneliti percaya,malwareini masih dikembangkan. (BA/FHP)

ArtikelAwas! Malware Ini Disebar via Messenger dan Skypedan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan diTelset.