Ingin Gigi Kamu Tetap Putih? Simak Tips Berikut Ini

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id-Kamu tentu setuju bahwa gigi yang putih dan bersih juga merupakan faktor penunjang penampilan. Kondisi gigi yang putih tidak bisa datang dengan sendirinya. Kamu perlu mengupayakan beberapa hal untuk bisa mendapatkannya.

KepadaUzone.id, drg. Melisa, MPH dari Melisa Dental Care Thamrin Residences dan Bogor Dental Center memaparkan beberapa kiat untuk menjaga gigi tetap putih. Apa saja kiat tersebut? Simak terus tulisan ini, ya.

Sikat gigi dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur

Karang gigi yang melekat di gigi dapat berwarna kekuningan atau bahkan kehitaman. Selain menganggu kondisi gigi, karang gigi yang menumpuk bisa memicu bau mulut. Dengan sikat gigi secara teratur, gigi akan terbebas dari karang gigi yang melekat.

Tidak merokok

Rokok mengandung nikotin dan tartar yang dapat menyebabkanstainatau pewarnaan pada gigi.Stainbisa berwarna cokelat dan hitam.Stainjuga bisa terjadi pada gusi, sehingga akan sangat mengganggu secara estetik. Selain rokok, kopi dan teh juga menyebabkanstainpada gigi.

Makan makanan yang banyak mengandung air

Air liur mempunyai peranself cleansingatau membersihkan sendiri rongga mulut. Makan makanan yang banyak mengandung air bisa membantu kerja air liur. Selain itu, air liur pada orang yang terhidrasi dengan baik secara otomatis membantu membersihkan bakteri-bakteri pemicu karang gigi atau gigi berlubang.

Mengonsumsi buah

Beberapa buah, seperti stroberi dan apel dipercaya memutihkan gigi. “Walaupun belum ada penelitian yang menunjukan hal tersebut, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba, karena buah-buahan yang direkomendasikan tidak berbahaya dan banyak vitaminnya juga,” ujar Melisa.

Whitening treatmentatau pemutihan gigi

Salah satu cara untuk memutihkan gigi secara instan adalah denganwhitening treatmentyang dapat dilakukan oleh dokter gigi yang berkompeten. Ini merupakan tindakan estetik, sehingga biasanya harganya juga sedikit lebih mahal daripada tindakan lainnya.

“Ada tindakan estetik lainnya yang juga bisa memutihkan gigi, namanyaveneer. Selain mengubah warna gigi,veneerbisa mengubah bentuk dan posisi gigi,” ujar Melisa.