Bagaimana Menguji Ratusan Fitur dan Laman di Super App Tokopedia?

pada 3 tahun lalu - by

Ilustrasi (Foto: Tokopedia)

Uzone.id- Pada bulan September dan November 2020, tim Tokopedia iOS telah dua kali berturut-turut mendapatkan penghargaan sebagai tim paling inovatif oleh para pemimpin Tokopedia Tech.

Beberapa inovasi Tokopedia yang paling populer yang tersedia untuk umum di aplikasi Tokopedia termasuk Check & Update Emoney menggunakan NFC, Dark Mode, Apple Watch Extension, dan iOS 14 Widgets.

Bagaimanapun, itu hanyalah puncak gunung es. Hanya hal-hal yang bisa dilihat orang di aplikasi Tokopedia. 

Tokopedia punya lusinan inovasi alat internal yang dibuat oleh perusahaan secara besar-besaran untuk memperkuat pengembangan dan pengujian mereka sehari-hari.

BACA JUGA:Memanfaatkan Data dan AI untuk Tingkatkan Standar Pelayanan di Indonesia

Salah satu yang paling populer yang telah Tokopedia terbitkan adalah "Bagaimana Tokopedia Mencapai Waktu Pembuatan iOS 1000 Persen Lebih Cepat".

Pada Episode Tokopedia Start Summit Extension berikutnya, Tokopedia ingin berbagi cerita lain tentang bagaimana perusahaan sistem yang membantu mereka menguji ratusan fitur dan laman di Super App Tokopedia.

Sistem ini telah terbukti efektif untuk membantu Tokopedia mendistribusikan aplikasi pengujian dan beta mereka ke ribuan Nakama (sebutan karyawan Tokopedia), menemukan bug, dan memvalidasi fitur sebelum mereka mengirimkannya ke AppStore.

Sistem ini mencakup bagaimana distribusi aplikasi Tokopedia, bagaimana mereka bisa membagikan fitur pra-rilis mereka, bagaimana mereka mengumpulkan umpan balik dari Nakama dan banyak lagi.