Memahami Bagaimana Penyakit Bisa Diturunkan ke Anak Cucu

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Anda mungkin sudah sering melihat contoh nyata pada orang-orang di sekitar Anda, bahwa bakat penyakit bisa diturunkan dari orangtua ke anak. Bahkan dalam beberapa kasus, penyakit keturunan juga bisa meloncati satu generasi. Jadi justru cucunya yang kena penyakit yang sama dengan kakek atau neneknya.

Namun, apakah seseorang sudah pasti akan mengidap penyakit yang diidap oleh orangtua atau kakek neneknya? Mengapa penyakit tertentu bisa loncat dari kakek nenek langsung ke cucu, bukan anaknya sendiri? Berikut penjelasannya.

Bagaimana penyakit genetik bisa muncul dalam tubuh?

Sebelum menjelaskan bagaimana anak dan cucu Anda nantinya mungkin mendapat penyakit warisan dari Anda sendiri, pahami dulu bagaimana penyakit genetik bisa terbentuk dalam tubuh manusia.

Berbeda dengan penyakitinfluenzaataudemam berdarah dengue(DBD), penyakit genetik tidak semata-mata disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus dari luar. Penyebabnya yaitu kerusakan pada gen dalam tubuh Anda.

Kerusakan gen terjadi apabila tubuh terpapar radikal bebas dan bahan-bahan kimia yang lantas mengubah kode genetik Anda. Selain itu, kerusakan gen juga bisa terjadi kalau Anda mengalami stres berat.

Karena ada gen yang rusak, maka sel-sel dalam tubuh Anda tidak bisa berfungsi normal. Inilah yang mengakibatkan munculnya penyakit. Mulai dari penyakit genetik yang cukup umum seperti asma,penyakit jantung,diabetes,kanker, dandepresihingga penyakit genetik langka sepertiDown syndromedanbuta warna.

Bagaimana penyakit bawaan bisa diturunkan ke anak cucu?

Gen yang ada di dalam tubuh Anda dibentuk dari kombinasi gen ayah dan gen ibu. Nantinya, gen yang paling dominanlah yang akan menentukan kondisi fisik dan psikologis Anda. Misalnya ayah Anda gemar merokok sejak Anda belum lahir. Racun dan bahan kimia dari rokok pun menyebabkan kerusakan pada gen ayah. Kerusakan tersebut akhirnya memicukanker paru.

Gen ayah yang sudah rusak tersebut akan terbawa oleh sel sperma. Bila gen ini sifatnya cukup kuat dan dominan, gen ini akan tetap hidup dalam janin yang terbentuk daripertemuan sel sperma dan sel telur. Maka, ketika Anda lahir, Anda sudah mewarisi bakat penyakit kanker paru dari gen ayah.  

Risiko kanker paru jadi makin besar kalau Anda menjalani gaya hidup yang bisa memicu penyakit ini. Misalnya Anda terpapar asap rokok ayah sejak kecil atau Anda sendiri merokok.

Penyakit keturunan bisa melompati satu generasi

Jangan salah, penyakit keturunan tak cuma diwarisi oleh anak saja, melainkan oleh cucu atau bahkan cicit Anda kelak. Sebagai gambaran, kakek Anda mengidap asma. Namun, ibu Anda ternyata tidak mewarisi penyakit ini dari kakek. Justru Anda sebagai cuculah yang akhirnya kenapenyakit asma. Ini berarti penyakit tersebut melompati generasi kedua, yaitu ibu Anda, dan langsung ke generasi ketiga, yaitu Anda sendiri.

Bagaimana ini bisa terjadi? Sederhananya, tubuh ibu Anda hanya menjadi “tuan rumah” bagi gen penyebab asma. Gen ini hanya menumpang pada tubuh ibu, tidak menyerang dalam wujud penyakit. Entah karena gen ini tidak dominan dalam tubuh ibu atau karena faktor lain seperti gaya hidup sehat.

Namun, gen penyebab asma tidak lantas hilang begitu saja. Ayah Anda mungkin punya gen yang serupa. Akibatnya, Anda mendapatkan kombinasi gen penyebab asma dari ayah dan ibu. Gen tersebut berubah jadi dominan dalam tubuh Anda sehingga Anda pun kena penyakit asma bawaan.

Pada akhirnya, gen memang tidak bisa lompat generasi. Gen akan terus dibawa turun-temurun. Penyakit itu sendirilah yang mungkin lompat satu generasi.  

Mungkinkah saya menghindari penyakit bawaan dalam keluarga?

Sampai saat ini belum ada ilmu pengetahuan yang mampu menghentikan perkembangan penyakit keturunan dalam tubuh seseorang. Akan tetapi, Anda masih punya kesempatan untuk menunda atau mencegah perkembangan penyakit keturunan.   

Caranya adalah dengan menghindari pemicu penyakit (faktor risiko). Misalnya dengan menjalani gaya hidup dan pola makan sehat sedini mungkin.

Bila Anda sudah tahu ada riwayat penyakit tertentu dalam keluarga, waspadai gejala-gejalanya dan segera periksa ke dokter kalau ada keluhan. Semakin cepat Anda mendeteksi penyakit keturunan, semakin besar peluang Anda mengobati atau mengendalikan penyakit tersebut.

The postMemahami Bagaimana Penyakit Bisa Diturunkan ke Anak Cucuappeared first onHello Sehat.