Bahaya! Hacker Bisa Bobol iPhone Lewat Bug iMessage

pada 5 tahun lalu - by

Adabugberbahayayang ditemukan diiPhoneBugitu berada di iMessage, dan gara-garanya, hackerdapat mengakses iPhone korbannya dari jarak jauh.

Hal ini diungkapkan dalam konferensi keamanan Black Hat di Las Vegas, Amerika Serikat. Di acara tersebut, peneliti Google Project Zero, Natalie Silvanovich memamerkan sejumlahbug iMessage yang dapat digunakan untuk mendapatkan akses jarak jauh ke iPhone.

Bugtersebut ditemukan, setelah Silvanovich dan seorang koleganya bernama Samuel Groß mulai menyelidiki eksploitasi serupa dalam SMS, MMS, danvoicemail, menyusul kerentanan yang baru-baru ini terungkap di WhatsApp. Namun, mereka tidak berhasil menemukannya.

{Baca juga:Apple Adakan “Sayembara” Bug iOS Berhadiah Rp 14 Miliar}

Kemudian, mereka mengalihkan perhatian ke iMessage dan mulai merekayasa balik aplikasi. Mereka mengarah kepada beberapa temuan nan mengkhawatirkan.

Mereka menyatakan,bugdi iMessage kemungkinan merupakan hasil dari sifat aplikasi yang kompleks. Informasi menyebut, aplikasi perpesanan Apple itu tidak hanya memungkinkan pengguna untuk saling mengirimfile, pesan suara, foto, dan Animoji, tetapi juga memiliki banyak integrasi dengan aplikasi pihak ketiga, seperti OpenTable dan Airbnb.

{Baca juga:Listrik Masih ‘Byar Pet’, Jokowi Teken Perpres Mobil Listrik}

Silvanovich mengatakan bahwa iOS memiliki banyak pemeriksaan keamanan. Namun,bugyang ia dan Groß temukan mengambil keuntungan dari logika yang mendasari sistem operasi dan memungkinkan untuk memotong jaringan keamanan.

Seperti dikutipTelset.iddariphoneArena, Jumat (09/08/2019), Apple kabarnya telah menambal limabugdari sejumlah celah yang ada di iMessage. Sayang, masih ada beberapa celah yang sampai kini belum menjadi perhatian perusahaan. (SN/FHP)

Sumber:phoneArena

ArtikelBahaya! Hacker Bisa Bobol iPhone Lewat Bug iMessagedan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan diTelset.