Bahaya! Ini Konsekuensi Kalau Gunakan Konverter YouTube ke MP3

pada 5 tahun lalu - by

Para peneliti dari Malwarebytesungkap fakta mengejutkan bagi pengguna internet yang sukadownloadvideoYouTubevia situs konverterYouTube ke MP3. Ternyata, aktivitas tersebut dinilai sangat berbahaya karena sejumlah situs konverter ada yang mengandungransomwarebernama GreenFlash dan Seon.

Dijelaskan Jérôme Segura, salah seorang peneliti Malwarebytes, parahackermenerapkan praktik yang disebut “malversiting” pada situs-situs konverter YouTube ke MP3.

Praktik ini digunakan untuk menjangkau lebih banyak korban pada domain atau layanan yang sah. Nantinya, kode atau tautan berbahaya akan disematkan dalam iklan yang kemudian ditampilkan kepada pengguna situs konverter.

{Baca juga:Mau Tahu Merek Paling Bernilai Sedunia 2019? Ini Daftarnya}

Ketika mereka mengakses iklan itu, mereka langsung diarahkan ke situs palsu atau mendapatkan muatan yang berbahaya padabrowser.

Yang berbahaya, ternyataransomwaretersebut telah menyebar melalui server untuk menyebarkan iklan yang biasanya digunakan oleh banyak situs populer, termasukonlinevideoconverter.com. Situs ini mudah ditemukan di Google, karena ada di pencarian paling atas ketika pengguna mencari kata kunci “YouTube mp3”.

MenurutSimilarWeb, situs ini sendiri melayani lebih dari 200 juta pengguna per bulan. Bisa dibayangkan potensi bahaya yang didapatkan oleh para penggunanya bukan?

Lantas, bagaimana cara kerja dariransomwareini? Dikutip dariZDNet, Minggu (30/06/2019), pengguna situs akan diarahkan ke “exploit kit” atau kode berbahaya. Kode tersebut disembunyikan di dalam gambar GIF yang berisi JavaScript yang dikaburkan.

{Baca juga:Nonton Film Gratis dengan 4 Aplikasi ini, Dosa Tanggung Sendiri!}

Kode ini terhubung langsung dengan situsfastimageyang mengirimkan muatan berbahaya melalui pengalihan lain ke situsadfast. Kemudian, konten Flash berisimalwareakan masuk, dan dijalankan lewat PowerShell.

Jika berhasil, kode akan melepasransomwareSeon yang pertama kali ditemukan pada akhir 2018 lalu.Ransomwareini akan mengenkripsifile system, danhackerakan meminta tebusan via Bitcoin untuk membuka enkripsi.

Dan juga, Seon bakal menghapus salinan Volume Shadow pada memori penyimpanan untuk mencegahrestoreatau pemulihan data pengguna.

{Baca juga:Cara Instal Aplikasi Android yang Tak Ada di Play Store}

Tidak sampai disitu, saat korban sedang memikirkan ingin membayar atau tidak untuk terbebas dariransomware, ternyata kode tersebut membawa muatan berbahaya lainnya berupa penambang mata uang digital dan pencuri data bernama Pony.

Segura mengatakan,ransomwareini baru ditemukan di Korea Selatan, dan telah menyebar di kawasan Amerika dan Eropa. Nah, karena mencegah lebih baik daripada mengobati, sebaiknya Anda tidak lagi menggunakan konverter YouTube ke MP3 untukdownloadvideo YouTube favorit. (FHP)

Sumber:ZDNet

ArtikelBahaya! Ini Konsekuensi Kalau Gunakan Konverter YouTube ke MP3dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan diTelset.