Baru Juga Dijual Resmi, iPhone 16 Malah Kena Masalah Layar

pada 2 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Baru juga dijual resmi di beberapa negara,ehhsejumlah penggunaiPhone 16 Seriesmalah curhat layarnya bermasalah. Kok bisa?

Segelintir pengguna iPhone 16 Series cerita di forum Reddit. Katanya, layar ponsel mereka tidak responsif saat diketuk, mempengaruhi interaksi mereka saatscrolling, menekan tombol di aplikasi, atau mengetik di keyboard bawaan.

Untungnya, masalah ini tak berkaitan denganhardware. Gangguan pada layar iPhone 16 Series disebabkan oleh algoritmaaccidental touchyang jadi terlalu sensitif.

Umumnya, fitur ini dapat mencegah sentuhan yang tidak disengaja yang umumnya terjadi di sekitar tepian layar. Namun, algoritma ini malah membuat layar tidak merespon sentuhan jari sama sekali.

 

 

Saatbugterjadi, sistemaccidental touchmalah mengabaikan semua sentuhan baru pada layar selama beberapa saat. Inilah yang menyebabkan ketukan atau sentuhan jari pada layar jadi tidak dikenali.

Dikutip dari9to5Mac, tampaknya pengguna secara tidak sengaja memicu sistem iOS untuk tidak mengenali sentuhan setelah menyentuh bagian layar lainnya. Malah, beberapa pengguna melaporkan, masalah ini muncul saat jari mereka berada di tombol Camera Control.

Bezel iPhone 16 Pro yang dibuat makin tipis turut memperparah masalah ini karena kulit pengguna jadi lebih mudah menyentuh tepian layar tanpa disengaja. 

Masalah yang sama juga dapat muncul saat pengguna (yang kadang secara tak sadar) memegang ponsel dengan jari-jari melingkari sisi-sisi perangkat. Apalagi, saat ponsel dibiarkan tidak menggunakan casing.

 

 

Temuan lainnya, masalah ini tampaknya tidak terjadi saat layar iPhone 16 terkunci atau tidak aktif.Bugbaru akan terjadi saat ponsel aktif, seperti saatscrollingaplikasi atauswipelayar utama untuk mencari aplikasi.

Apple belum berkomentar terkait hal ini. Yang jelas, gangguan layar terjadi pada iPhone yang menjalankan iOS 18 dan iOS 18.1 Beta, menunjukkan bahwa masalah ini terkait dengansoftware, bukanhardware.