Bedah Spesifikasi Dynamic Sound Yamaha di Kabin Mitsubishi XFORCE

pada 9 bulan lalu - by

Uzone.id-Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Mitsubishi XFORCE adalah tersedianya sistem hiburan kabin berupa Dynamic Sound Yamaha. Sistem audio ini dirancang untuk mengatur pengalaman suara baru yang menawarkan keseimbangan antara hiburan, keamanan berkendara, serta ketenangan pikiran.

Yamaha Dynamic Sound mendukung konten yang memanfaatkan teknologi suara 3D seperti Dolby Atmos untuk menghadirkan pengalaman mendengarkan yang luar biasa imersif ke setiap kursi kendaraan.

Hiroshi Sugiyama, Chief Technology Engineer Mitsubishi Motors Corporation, mengatakan, audio yang diciptakan kali ini setara atau lebih baik dari audio premium.

 

 

“Apa yang saya ingin perhatikan khususnya adalah kejernihan dan tingginya rentang frekuensi tinggi. Kejernihan mengacu pada kejelasan dan reproduktibilitas suara yang tinggi. Kami menekankan rentang frekuensi tinggi dan kejernihan untuk menyampaikan suara-suara halus alat musik dan suara vokal tanpa kompromi.” ujar Sugiyama dalam penjelasannya.

Jadi sebelum Mitsubishi XFORCE meluncur, MMC juga telah melakukan beberapa penyesuaian, tujuannya untuk meningkatkan kualitas Audio Mitsubishi XFroce dan mengatasi tingkat kebisingan yang masuk ke dalam kabin.

Bahkan, demi memberikan kualitas audio Mitsubishi XFORCE yang lebih mumpuni, pihak internal turut melakukan kekokohan panel yang menjadi tempat peletakkan speaker mobil.

“Kami memperhatikan dari sisi kendaraan yang akan mengintegrasikannya. Misalnya tingkat kekokohan panel pintu tempat speaker dipasang. Jika permukaan tempat speaker mudah goyah, maka suara yang dihasilkan tidak akan solid,” tambahnya lagi.

MMC meningkatkan kekokohan panel pintu lebih dari 5 kalilipat untuk mencapai suara ideal. “Ini memungkinkan kami mencapai suara frekuensi rendah yang kuat yang dapat bersaing saat mengemudi dan suara jernih dengan pemisahan yang jelas dan tajam di seluruh rentang frekuensi tanpa adanya distorsi atau gangguan,” ujarnya.

Kemudian bagaimana audio yang dihasilkan tidak terdistraksi oleh suara-suara yang ada saat mobil berjalan. Ini merupakan perbedaan terbesar antara audio mobil, audio rumah, dan gedung konser, adalah mobilitasnya.

“Bergerak berarti lingkungan suara sekitar berubah. Bagaimana cara mengatasi suara yang berubah ini, ini adalah tantangan besar bagi kami para insinyur,” jelasnya lagi.

Oleh karena itu, yang dihadapi kali ini adalah Speed Compensated Volume, yang disingkat sebagai SCV, yang melakukan koreksi halus untuk setiap rentang frekuensi sesuai dengan kebisingan yang dihasilkan oleh mobil dan juga dapat mengatur derajat koreksi sesuai dengan kondisi jalan.

“Dengan SCV ini, kami dapat memecahkan tantangan audio mobil bahwa lingkungan suara sekitar berubah akibat perjalanan,” kata Sugiyama.

Terakhir, Mitsubishi juga menawarkan empat pilihan mode suara yang dapat dihasilkan dari audio Mitsubishi XFORCE. Ini dibedakan berdasarkan kebutuhan serta tujuan agar konsumen dapat menikmati setiap suara yang keluar dari speaker.

 

 

Berikut empat tipe suara yang dapat dihasilkan dari audio Mitsubishi XFORCE :

Lively : Ditujukan untuk segala kondisi tidak peduli suasana hati atau musiknya, di mana melalui suara ini dapat membangkitkan dan menggembirakan.

Signature : Dengan tipe suara ini, maka frekuensi rendah dan tinggi dapat ditingkatkan karena tipe ini disetel oleh Yamaha yang juga merupakan produsen alat musik, dengan fokus untuk menyoroti suara halus dari alat musik.

Powerful : Tipe ini dapat meningkatkan frekuensi rendah dan sedikit membatasi frekuensi tinggi.

Relaxing : Pada tipe ini, suara yang dikeluarkan dapat meredam frekuensi rendah dan kuat serta frekuensi tinggi.