Begini Sensasi Nyetir Mitsubishi XFORCE, Handling Jempolan!

pada 8 bulan lalu - by

Uzone.id-Setelah sebelumnya kita melihat tampilan eksterior dan interiornya, tentunya masih ada yang kurang kalau tidak mencobanya langsung. Karena itu, ajang GIIAS 2023 kami manfaatkan untuk mencoba langsung Mitsubishi XFORCE yang sedang ramai dibicarakan ini.

Asiknya, di GIIAS 2023 sendiri sudah disediakan area test drive yang cukup lumayan, setidaknya untuk mengetahui impresi pertama dari sebuah mobil. Rutenya beragam, jalan aspal, putaran balik, polisi tidur, speed trap, sampai tanjakan.

 

 

Tanpa menunggu lama, kami langsung masuk ke dalam kabin Mitsubishi XFORCE tipe tertinggi—Ultimate. Secara spesifikasi mesin, mobil ini dipersenjatai mesin MIVEC berkapasitas 1.500cc dengan tenaga 104 hp dan torsinya 141 Nm, berpadu dengan trandsmisi CVT.

Ketika mesin dinyalakan, suara mesin dalam kondisiidlesama sekali tidak terdengar di kabin. Apalagi, kalau kita sambil menyalakan audio Dynamic Sound Yamaha, yang jadi salah satu unggulan di mobil ini.

Kami pun mulai menginjak pedal gas. Meskipun mesin 1.500cc ini tidak didukung turbo, namun untuk akselrasi awal dari diam, cukup responsif.

Akselarasi pun kami tambah. Baru lah sedikit terdengar derum suara mesin di kabin, namun dengan peredaman yang baik, suara mesin yang kami dengar justru malah merangsang adrenaline saat mobil berakselarasi.

Semakin tinggi putaran mesin dan semakin cepat akselarasi, barulah kami bisa merasakan tenaga mesin sedikit tertahan. Namun ini wajar karena sudah jadi ciri khas mesin dengan transmisi CVT.

Namun kompensasinya, akselarasi jadi lebih halus dan mulus, serta konsumsi BBM yang seharusnya bisa terjaga dengan efisien.

Lalu bagaimana dengan handlingnya? Nah, Mitsubishi sepertinya tetap tidak melupakan DNA Rally khas yang juga dirasakan di mobil ini. Dengan racikan suspensi ala Pajero Sport, membuat handling Mitsubishi XFORCE cukup superior di kelasnya.

Memang, bantingan suspensinya agak keras, namun kami hanya merasakan saat melindas polisi tidur. Tapi ketika di jalan bergelombang atau ketika melindasspeed trap, kenyamanan di kabin masih tetap terasa mahal dan minim guncangan dengan seting suspensi yang ditawarkan.

Kompensasi suspensi yang agakstifftersebut, tentu saja jadi membuat mobil yang punya ground clearence tertinggi dikelasnya—222 mm ini jadi lebih lincah dan gesit saat bermanuver.

Kami juga merasakan kemudahan ketika harus melakukan putaran balik di kondisi jalan yang agak sempit, karena radius putarnya bisa dengan baik meladeni mobil hanya dengan satu kali putaran saja, tanpa harus ribet maju-mundur cantik.

 

 

Kesimpulan kami dengan usungan mesin 1.500cc tanpa turbo, ini sudah cukup untuk mobil sekelas Mitsubishi XFORCE. Menawarkan performa yang lebih fleksibel untuk berbagai kondisi jalan, baik di kemacetan, saat di perkotaan, maupun jalur luar kota.

Namun selain tampangnya yang atraktif, Mitsubishi XFORCE juga seharusnya cukup superior di sisihandlingyang membuat mobil ini sangat mudah dikendalikan danfun to drive.