Belum Nyerah Jegal TikTok, YouTube Shorts Rilis Fitur-fitur Ini

pada 9 bulan lalu - by

Uzone.id– YouTube Shorts sudah dirilis semenjak kurang lebih 3 tahun lalu untuk menjegal popularitas TikTok yang sampai saat ini masih jadi aplikasi video pendek paling populer di dunia.

Tidak menyerah begitu saja, kali ini YouTube pun merilis fitur-fitur baru untuk menjadi ‘pembunuh’ aplikasi asal China tersebut. 

Beberapa fitur baru tersebut antara lain live video di YouTube Shorts, remix video, dan menggunakan audio dari video lain. Fitur lainnya adalah memberikan saran audio yang cocok dengan konten video yang akan diunggah.

 

 

YouTube juga sudah mengurangi syarat-syarat YouTube Partner Program untuk mendapatkan uang dari konten Shorts video mereka, sehingga cara ini bisa digunakan lebih luas termasuk oleh pengguna YouTube di bawah 1000 subscriber.

Fitur Live Shorts video

Fitur ini mirip dengan fitur TikTok Live dimana kreator bisa melakukan streaming di YouTube Shorts, alih-alih di menu YouTube utama mereka. Preview live streaming ini akan muncul di beranda pengguna lain untuk membantu kreator menemukan audiens lebih yang lebih luas.

Tool zoom dan crop untuk video Shorts

Ada juga tool baru yang bisa digunakan untuk membuat konten Shorts dari video horizontal, YouTube menambahkan kemampuan editing video seperti fitur zoom dan crop video.

Fitur saran audio dan efek

Kreator Shorts juga akan mendapat fitur saran audio dan efek dari video yang ingin mereka buat ulang. Sama seperti fitur di TikTok dan Reels, opsi ini akan langsung menampilkan efek dan audio dari video yang ingin di-recreate tanpa harus mencari secara manual terlebih dahulu.

Shorts juga menghadirkan fitur untuk menyimpan video Shorts lain ke playlist mereka untuk membuat kumpulan video dan ide favorit di platform.

Fitur kolaborasi

Agak telat sebenarnya, tapi Shorts baru saja merilis fitur remix video untuk ‘berkolaborasi’ bersama video kreator lain. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat kontenside-by-sideatau berdampingan dengan video kreator lain.

 

 

Fitur ini bernama Collab dan menyertakan beberapa layout. Fitur ini bisa digunakan di video YouTube Shorts dan juga video YouTube biasa.

Tak cukup sampai disana, YouTube juga menghadirkan cara baru agar pengguna bisa lebih mudah menonton Shorts, yaitu dengan menampilkan Shorts di laman utama dan di hasil pencarian serta memberikan rekomendasi konten yang sesuai dengan histori tontonan mereka.