Berapa Asupan Gula Maksimal untuk Pasien Diabetes?

pada 6 tahun lalu - by

Makan terlalu banyak gula dikaitkan dengan penambahan berat badan dan berbagai penyakit, seperti diabetes. Sehingga ,sering muncul pertanyaan apakah orang dengan diabetes masih boleh mengonsumsi gula? Apakah orang dengan diabetes tidak boleh makan manis?

Lalu, berapa banyak asupan gula yang dikatakan terlalu banyak, sehingga meningkatkan risiko diabetes? Simak jawabannya di sini.

Bolehkah pasien diabetes makan manis?

Jika Anda memiliki diabetes, makan makanan manis dapat meningkatkan kadar gula darah hingga melebihi batas normal. Bila tidak dikendalikan dan dijaga, gula darah yang tidak terkendali dapat menimbulkan masalah lebih lanjut.

Padahal, gula merupakan salah satusumber energi utama pada manusia. Gula termasuk karbohidrat sederhana yang akan sangat cepat dipecah oleh tubuh karena bentuknya yang mudah dicerna. Hal ini membuat gula paling cepat dijadikan glukosa atau gula darah, yaitu kurang dari 15 menit.

Namun ketika diabetes, tubuh Anda tidak memproduksi insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar glukosa normal, atau tubuh tidak merespon insulin dengan baik sehingga insulin tidak bekerja dengan benar.

Insulin adalah hormon yang dihasilkan pankreas dan membantu sel menyerap glukosa dari darah untuk digunakan sebagai energi.

Pada penderita diabetes, gula yang dipecah menjadi glukosa akan menumpuk dalam aliran darah Anda. Sehingga kadar gula darah Anda cenderung tinggi dan menyebabkan diabetes.

Meski begitu, gula tidak menyebabkan diabetes secara langsung. Terlalu banyak mengonsumsi gula bisa membuat Anda kelebihan berat badan dan dapat memicu diabetes.

Oleh karena itu, bukan berarti pasien diabetes tidak boleh makan manis atau mengonsumsi gula sama sekali. Mereka tetapboleh makan makanan manis, tapi dengan membatasi asupangula harian. Hal ini juga merupakan salah satu cara mencegah diabetes. Diabetesi juga sebaiknya mengganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks yang tidak mengakibatkan peningkatan gula darah yang drastis.

Dengan perencanaan dan pola makan yang sehat, Anda masih tetap bisa makan makanan yang mengandung gula sambil mempertahankan kadar gula darah Anda di batas normal.

Berapa asupan gula maksimal untuk pasien diabetes?

Asupan gula maksimal untuk pasien diabetes sangat bergantung pada berapa banyak kalori yang dikonsumsi setiap hari. Jumlahnya pun harus sesuai dengan asupan karbohidrat secara keseluruhan.

Pasien diabetes umumnya hanya difokuskan pada total karbohidrat yang dikonsumsi daripada gula, sehingga tidak ada asupan gula harian untuk diabetesi. Meski begitu, pasien diabetes perlu mengetahui batas asupan gula yang aman untuk mengatur asupan kadar gula hariannya.

Batas asupan gula yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam satu hari adalah 50 gram gula atau setara dengan 4 sendok makan.

Jika Anda rutin beraktivitas dan berolahraga, Anda tidak perlu khawatir karena sistem tubuh Anda mampu membakar banyak kalori. Namun, bagi penderita diabetes, sebaiknya Anda benar-benar mengendalikan asupan gula dan karbohidrat agar kadar gula darah Anda terkendali.

 

The postBerapa Asupan Gula Maksimal untuk Pasien Diabetes?appeared first onHello Sehat.