Berguru ke Ilustrator Webtoon Taejun Pak Pakai Samsung Galaxy Tab S9 Ultra

pada 9 bulan lalu - by

Seoul, Korea Selatan, Uzone.id —Salah satu perangkat yang diluncurkan di acara Samsung Galaxy Unpacked tadi malam, Rabu (26/7) adalah Samsung Galaxy Tab S9 Ultra. Aktivitas yang dapat dimaksimalkan dari tablet jumbo ini di antaranya adalah menggambar ilustrasi.

Kebetulan saya, sebagai perwakilanUzoneyang menghadiri rangkaian acara Galaxy Unpacked dari Samsung ini, berkesempatan berguru ke ilustrator kondang Korea, Taejun Pak.

Taejun dikenal sebagai ilustrator webcomic yang menulis serta menggambar untuk webtoon Lookism. Ia diajak oleh Samsung untuk memberi kelas ilustrasi kepada tamu media di Superior Gallery, Gangnam-gu, Korea.

Ilustrator asal Korea Selatan,Taejun Pak (Foto: Hani Fajrina/Uzone.id)

Saat kami tiba di galeri, area kelasnya cukup luas dengan berbagai hiasan hasil ilustrasi tangan maupun filter khusus berbasis AI.

“Webcomic secara umum adalah komik dalam format digital, minat dan popularitasnya sangat tinggi di Korea. Selama kurun 5 tahun, peningkatan minat webcomic meningkat 70 persen,” tutur Corporate VP, Head of Brand Marketing Group Samsung, Matthew Leem.

Ia melanjutkan, “kehadiran perangkat seperti Galaxy Tab S9 series dari Samsung ini tidak terbatas hanya untuk kepentingan pekerjaan saja, tapi dapat dimanfaatkan generasi muda untuk berkarya sekreatif mungkin.”

Tak lama setelah Matthew memberi sambutan hangat, Taejun memasuki ruangan. Mengenakan kaus biru santai, ia duduk di depan layaknya dosen yang akan memberi mata kuliah.

“Halo, selamat datang semuanya,” ujarnya.

Ia kemudian meminta kami semua membuka Galaxy Tab S9 Ultra yang ada di meja masing-masing. Aplikasi yang akan digunakan adalah Clip Studio.

Sebelum membuka aplikasi, kami disuruh foto selfie terlebih dahulu. Tugas kami kala itu adalah menggambar ulang selfie tersebut menggunakan Clip Studio.

Meski Galaxy Tab S9 Ultra diletakkan di meja, saya beberapa kali memindahkan posisi tablet jumbo ini.

Ukurannya yang fantastis, yakni 14,6 inci Dynamic AMOLED 2X. Memang agak kesulitan memegang tablet satu ini, wajar jika untuk aktivitas menggambar, lebih baik diletakkan saja di atas meja.

Langkah demi langkah dibimbing oleh Taejun. Mulai dari membuat layer, menggambar outline, perlahan mempertegas garis dan membuat ilusi bayangan, lalu sentuhan terakhir adalah memberi warna.

Keuntungan menggambar di layar besar Galaxy Tab S9 Ultra ini adalah rasanya seperti menggambar di kanvas.

Pergerakan tangan menggunakan S Pen terasa luas,movementlebih leluasa, dan mudah saat mengoperasikan tiaptoolsdi aplikasi.

Sekilas tampak mudah, apalagi melihat hasil goresan Taejun yang tampak begitu mirip dengan wajah aslinya. Memang beda ya hasil tangan profesional dan amatir.

Beginilah hasil gambar saya. Memang agak jauh dari aslinya, tapi ilmunya berguna sekali.

Taejun sendiri mengaku membutuhkan kerja keras yang konsisten dalam berlatih menggambar agar memiliki ciri khas sendiri.

“Karakter-karakter bikinan saya masing-masing punya khasnya sendiri, misalnya penggunaan warna. Semuanya butuh kerja keras dan latihan yang disiplin,” tutup Taejun.