Bermodal Galaxy S23 Ultra Bisa Bikin Video Sinematik

21 November 2023 - by

Uzone.id - Sudah tahu belum bahwa Sutradara pemenang Academy Award Sir Ridley Scott pernah membuat film pendek berjudul ‘Behold’ hanya bermodalkan Samsung Galaxy S23 Ultra.

Tapi jangan berkecil hati, kalian memang bisa kok membuat video ala sinematik dengan ponsel tersebut karena memang secanggih dan semudah itu, gaes!

Advertising
Advertising

Sebelum lanjut ke sebuah tips, kita kasih tahu dahulu ya apa itu video sinematik. Jadi video sinematik adalah video yang dikemas layaknya film di bioskop. Untuk menghasilkannya, dibutuhkan berbagai aspek, seperti teknik perekaman, suara, dan pencahayaan.

Baca Juga :

Pengalaman Gaming Samsung Galaxy S23 Ultra Layak Digenggam Pro Player
 

 

Nah sekarang fitur-fitur apa saja yang bisa dimanfaatkan di Samsung Galaxy S23 Ultra untuk membuat video sinematik.

Fitur OIS dan VDIS

Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra 5G sudah dilengkapi dengan teknologi peredam guncangan, yakni Optical Image Stabilization (OIS) dan Video Digital Image Stabilization (VDIS).

Dengan fitur ini artinya, meski tanpa bantuan tripod, hasil rekaman tetap tajam dan stabil. Sebab teknologi tersebut mampu mengurangi guncangan dan keburaman gambar dengan menggerakkan lensa ke arah berlawanan.

Manfaatkan Mode Video Pro

Ini menjadi salah satu fitur unggulan yang bakal menjadikan video yang kamu rekam bakal profesional sekelas sutradara terkenal dengan sangat mudah, ini dia fitur Pro Mode yang juga tersedia untuk video. Melalui mode Pro Mode, pengguna dapat mengatur sendiri tingkat kecerahan atau ISO, shutter speed, eksposur (EV), white balance, titik fokus perekaman, dan mengatur mikrofon untuk merekam suara.

Kamu juga bisa memilih rasio gambar yang direkam dan mengatur resolusi sesuai kebutuhan. Untuk perekaman video sinematik, kamu dapat menggunakan rasio video 16:9 dengan resolusi minimal 1080p dan frame rate 24 fps atau 30 fps.

Video Malam Bermutu

Sensor gambar yang dipakai di Galaxy S23 Ultra 5G memang cukup besar, dengan ukuran 1/1,3 inci. Cukup besar dibanding kebanyakan ponsel saat ini, dan efeknya adalah cahaya yang bisa ditangkap ponsel bisa lebih banyak sehingga menghasilkan gambar yang lebih baik meski dalam kondisi temaram.

Sensor kamera yang besar itu menggunakan buatan Samsung sendiri dengan nama Isocell HP2.

Samsung ISOCELL HP2 merupakan sensor berukuran 1/1.3” dengan ukuran piksel 0.6μm. Kamera tersebut punya keunggulan untuk memperlebar rentang dinamis dan meningkatkan reproduksi warna saat pengambilan gambar terjadi.

Selain itu sensor ini juga yang membuat Galaxy S23 Ultra 5G bisa merekam hingga resolusi 8K di frame rate 30 fps.

Namun meringkus foto 200 MP dan video 8K bukan tanpa tantangan, dibutuhkan pula sistem yang bisa memproses itu semua dengan cepat, dan mungkin itu alasan Samsung menggunakan Snapdagon 8 Gen 2 for Galaxy di Galaxy S23 Ultra 5G.

Merekam Video Pakai Zoom Gak Pecah

Sebagian besar daya tarik Galaxy S23 Ultra adalah mode kamera yang berbeda — zoom utama, sudut lebar, 3x, dan 10x — yang semuanya juga dapat digunakan saat mengambil video.

Kalian dapat beralih di antara setiap mode saat memotret dan tidak perlu berhenti dan mengganti kamera.

Hal ini mudah dilakukan seperti ketika mengambil gambar diam — cukup ketuk tombol yang diperlukan di jendela bidik, dan kalian dapat berpindah di antara setiap kamera.

Ada banyak keserbagunaan, memungkinkan kalian  memamerkan keseluruhan pemandangan dan menangkap skala dan detail, semuanya dalam video yang sama.

Oh ya, buat tambahan informasi juga ya, Salah satu yang jadi highlight dari smartphone ini adalah kamera dengan resolusi 200MP dan juga Zoom yang mampu membidik hingga 100 kali lipat, bahkan bulan pun terlihat jelas dan dekat dalam bidikan smartphone ini.

So jadi sudah bukan alasan lagi buat kalian tidak memanfaatkan Samsung Galaxy S23 Ultra untuk membuat video sinematik.