Bersenang-senang dengan Hyundai IONIQ 5 N di Sirkuit Mandalika

pada 1 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id-Hyundaimenggebrak pasar Tanah Air dengan menghadirkan sebuah mobil harian yang digdaya di lintasan balap. Menariknya, ini sebuah mobil listrik. Namun diklaim punya tenaga monster.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sengaja membawaIONIQ 5 NkeSirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, melalui kegiatanTrack Dayyang berlangsung pada 12-16 November.

 

 

Kami pun berkesempatan mencoba langsung selama beberapa putaran sirkuit untuk mencoba sejumlah fitur-fitur pendukung balap pada Hyundai IONIQ 5 N, sepertiRacetrack Capability, Corner Rascal,danEverydaySports Car.

Secara spesifikasi, Hyundai membekali IONIQ 5 N dengan baterai generasi terbaru berkapasitas 84.0 kWh dan dual electric motors yang mampu beroperasi hingga 21,000 RPM.

Performa tersebut adalah hasil integrasi Electric Global Modular Platform (E-GMP) dengan teknologi motor sport dari Hyundai N.

Inovasi ini pun memungkinkan IONIQ 5 N menghasilkan output 448 kW/609 PS dan torsi 740 Nm (478 kW/650 PS dan 770 Nm dengan NGB diaktifkan). Bayangkan, di atas kertas, tenaganya buas banget.

Mobil ini mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,5 detik (3,4 detik dengan NGB diaktifkan) serta mencapai kecepatan maksimum hingga 260 km/jam untuk pengalaman berkendara yang lebih menantang.

Memang, saat lintasan lurus kami tidak sampai menyentuh angka 260 km per jam, karena dibatasi demi keamanan. Meski begitu, tenaga yang dihamburkan pada mobil ini benar-benar menantang adrenaline, sangat buas, namun uniknya mudah dan jinak untuk dikendalikan.

Kami mencoba N Launch Control yang memberikan akselerasi terbaik saat kendaraan dalam posisi diam dengan mengurangi putaran roda sekecil mungkin dan memberikan start tercepat seperti layaknya pembalap professional.

Selain itu, ada pula fitur N e-Shift yang mensimulasikan perilaku transmisi kopling ganda dengan mengontrol output torsi dan daya motor serta sensasi dorongan saat pergantian gigi.

Fitur ini meningkatkan kesenangan berkendara dengan pengalaman interaktif, mirip dengan mengendarai mobil Internal Combustion Engine (ICE) di lintasan balap atau jalan berliku.

Pengemudi juga dapat memanfaatkan fitur N Pedal untuk memberikan turn-in instan dan sensitivitas throttle yang lebih tinggi, dengan cara meningkatkan regenerative braking untuk menciptakan transfer bobot dinamis yang membantu masuk ke dalam tikungan dengan lebih cepat.

Bagi pengemudi yang menginginkan akselerasi lebih, IONIQ 5 N dilengkapi N Grin Boost (NGB) yang meningkatkan output daya dan torsi dari dual electric motor-nya selama 10 detik.

Semua fitur-fitur tersebut bekerja dengan baik dan semakin memberikan sensasi membalap layaknya mobil balap bermesin konvensional.

Asiknya lagi, untuk meningkatkan fantasi pengemudi, ada N Active Sound+, yang meniru suara mobil balap.

Sementara untuk handlingnya sendiri, dengan ban berukuran 21 inci dan punya tapak yang sangat lebar, memungkinkan mobil ini meliuk-liuk lincah di setiap tikungan sirkuit, tanpa harus takut kehilangan kendali.

 

 

Belum lagi, kita bisa memilih pendistribusian torsi untuk mengatur grip dan karakter handling dari mobil ini, bisa balance, bisa RWD maupun FWD. Sesuai selera.

Pokoknya, ini merupakan sensasi baru dimana mobil listrik beneran bisa dan layak dipakai untuk balapan di lintasan sirkuit sekalipun.