Bersiap Menyambut Suzuki Jimny 5 Pintu di Indonesia

pada 10 bulan lalu - by

Uzone.id-Kabar baik bagi pada pecinta Suzuki Jimny yang sampai sekarang belum kebagian jatah kuota untuk membelinya di Indonesia, karena muncul kabar kalau Suzuki Jimny versi 5 pintu yang diproduksi di India, juga bakal masuk ke Indonesia.

Suzuki Jimny dengan konfigurasi tujuh penumpang pertama kali dirilis di ajang India Auto Expo pada Januari 2023. Harganya masih tetap terjangkau, mulai dari 12,74 lakh, atau setara Rp216 juta.

 

 

Potensi Suzuki Jimny 5 pintu hadir di Indonesia sebenarnya sangat tinggi, karena dengan tambahan wheelbase dan jumlah pintu, berefek pada ruang kabin yang lebih luas dan bisa menampung sampai 7 penumpang.

Seperti kita tau, mobil-mobil 7 penumpang di Indonesia sangat digemari, karena kebiasaan warga yang suka mengajak serta keluarga saat bepergian dengan mobil.

“Jimny 5 pintu masih tahap finalisasi, kalau ada kabar terbaru pasti kita akan update,” ujar Head of Brand Development & Marketing Research 4W Harold Donnel di sela Test Drive Suzuki XL7 Hybrid di Yogyakarta.

Lebih lanjut Harold menjelaskan, potensi pasar mobil tersebut sangat besar di Indonesia mulai dari konfigurasinya, fungsionilitas, dan harga. Namun karena versi 3 pintunya masih dipasarkan jadi harus dibedakan segmennya.

“Cuma memang kita harus cerdas memilah segmen Jimny 3 pintu, atau 5 pintu. Karena kami percaya akan sangat berbeda segmennya kalau kita ketahui sekarang 3 pintu lebih banyak hobbies,” tuturnya.

Suzuki Jimny 5 pintu memiliki panjangnya 3.985 mili meter, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm. Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya lebih melar 360 mm, dan jarak poros roda depan ke belakang bertambah 340 mm.

Mobil SUV yang dapat mengangkut empat penumpang tersebut memiliki jarak sumbu roda 2.590 mm. Dengan bentuk yang lebih panjang tersebut, akan membuat ruang bagasi dan penumpang lebih luas.

Pada sandaran jok bagian depannya bisa disetel rata, sehingga terkesan model alas tidur. Lalu jok belakang baris keduanya disebut bisa memuat 2-3 penumpang, dan ruang bagasi belakang sebesar 208 liter atau 7,3 kaki kubik.

Sedangkan jika jok baris kedua dilipat, volumenya bertambah menjadi 332 liter, atau setara 11,7 kaki kubik. Untuk sistem hiburannya, didukung head unit model floating 9 inci, dan secara desain interior masih sama dengan versi dua penumpang.

 

 

Suzuki jimny 5 pintu masih menggunakan mesin berkode K15B yang serupa dengan Ertiga, XL7, atau Carry pikap. Mesin 1.500cc empat silinder tersebut bertenaga 105 dk, dan torsi 134 Nm, disalurkan melalui yransmisi matik 4-percepatan, dan manual 5-percepatan.

Tersedia versi mild hybrid, yang diklaim lebih irit bahan bakar. Secara teknologi serupa dengan XL7 Hybrid, atau Grand Vitara Hybrid, mengandalkan SHVS (Suzuki Hybrid Vehicle by Suzuki) yang mengandalkan ISG (Integrated Starter Generator).